Kabar Kota Bima

Pemkot Bima Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025, Sinergi Menuju Masa Depan Unggul

1095
×

Pemkot Bima Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025, Sinergi Menuju Masa Depan Unggul

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sekda Kotah Bima Mukhtar Landa membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bima tahun 2025, di Aula Gedung Seni Budaya Kota Bima, Kamis 18 April 2024.

Pemkot Bima Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025, Sinergi Menuju Masa Depan Unggul - Kabar Harian Bima
Sekda Kota Bima saat membuka secara resmi kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2025. Foto: Ist

Dalam sambutannya, Sekda Kota Bima menyampaikan pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam merumuskan program pembangunan yang relevan dan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Dirinya juga menekankan perlunya memperhatikan aspirasi dan kebutuhan rill masyarakat dalam penyusunan RKPD.

Pemkot Bima Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025, Sinergi Menuju Masa Depan Unggul - Kabar Harian Bima

“Setelah kita melaksanakan penyelarasan pada Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal, Musrenbang Tingkat Kelurahan dan Kecamatan, Musrenbang Perempuan dan Anak, Forum Perangkat Daerah dan hari ini kita akan melaksanakan Musrenbang RKPD Tingkat Kota Bima,” ujarnya

Musrenbang RKPD tahun 2025 ini menjadi momentum untuk mengevaluasi capaian pembangunan tahun sebelumnya serta merumuskan arah pembangunan yang lebih baik di masa mendatang.

Para peserta Musrenbang didorong untuk aktif memberikan masukan dan gagasan konstruktif demi mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

Selain itu, RKPD ini nantinya menjadi acuan bagi Pemerintah Daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan Tahun 2025, yang bermuara pada Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA- PPAS) dan APBD Kota Bima Tahun 2025.

“Oleh karena itu diharapkan pada Musrenbang ini seluruh Perangkat Daerah mampu menampung semua usulan- usulan pembangunan dari masyarakat, usulan penyempurnaan dari tokoh-tokoh masyarakat dan seluruh pihak stakeholder Pemerintah Kota Bima, bagaimana nantinya pembangunan ini bisa menjadi kemaslahatan bagi masyarakat banyak,” tandas Sekda

Adapun beberapa agenda utama dalam Musrenbang RKPD Kota Bima tahun 2025 antara lain, Pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, Peningkatan kualitas infrastruktur dan perluasan kesempatan kerja, Peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan kesehatan, Peningkatan kualitas lingkungan, pembangunan rendah karbon dan mitigasi bencana, Peningkatan tata kelola pemerintahan dan Daerah aman dan kompetitif.

“Di setiap kesempatan saya selalu menyampaikan bahwa tujuan pembangunan adalah untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga diharapkan output dari musrenbang RKPD Tahun 2025 ini nantinya bisa menghasilkan dokumen RKPD yang di dalamnya tertuang program kegiatan pembangunan yang terintegrasi dan sejalan dengan tujuan, sasaran dan arah kebijakan pembangunan dalam RKPD Provinsi Nusa Tenggara Barat maupun dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP),” tambah Mukhtar

Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan Kota Bima dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi seluruh warganya.

*Kahaba-04