Kabar Kota Bima

Pemkot Bima Sabet Penghargaan Daerah Progresif dalam Pembangunan Smart City

857
×

Pemkot Bima Sabet Penghargaan Daerah Progresif dalam Pembangunan Smart City

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kadis Kominfotik Kota Bima H Mahfud mewakili Pj. Wali Kota Bima menerima anugrah penghargaan dalam kategori “Kota/Kabupaten Progresif dalam Pembangunan Program Smart City”, Rabu 1 November 2013, di Hotel Lombok Raya Mataram.

Pemkot Bima Sabet Penghargaan Daerah Progresif dalam Pembangunan Smart City - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima H Mahfud saat menerima penghargaan Smart City dari Gubernur NTB. Foto: Ist

Penghargaan tersebut terima dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kominfotik se-NTB tahun 2023. Acara ini menjadi ajang penting untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam upaya mengakselerasi sistem pemerintahan berbasis elektronik di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pemkot Bima Sabet Penghargaan Daerah Progresif dalam Pembangunan Smart City - Kabar Harian Bima

Sebagai daerah kota pertama di Nusa Tenggara Barat yang pertama kali menggunakan dan memanfaatkan kecanggihan teknologi berbasis smart city dalam memudahkan pelayanan terhadap masyarakat, Pemerintah Kota Bima terus berkomitmen dan mendorong seluruh perangkat kerja disetiap organisasi perangkat daerah untuk terus berinovasi sebagai wujud hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

Pj Gubernur NTB, H Lalu Gita Ariadi menjelaskan, tema yang diangkat dalam rakor kali ini adalah Akselerasi dan Kolaborasi dalam Mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Provinsi NTB.

“Hal ini mencerminkan komitmen untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemerintahan melalui pemanfaatan teknologi informasi,” katanya.

Salah satu sorotan utama dalam acara ini adalah pemberian penghargaan kepada perintah kota/kabupaten yang telah berprestasi dalam berbagai bidang pembangunan.

Terdapat enam kategori penghargaan yang diberikan kepada kota/kabupaten, yaitu pertama Kota/Kabupaten Progresif dalam Pembangunan Program SPBE, kedua, Kota/Kabupaten Progresif dalam Pembangunan Program Satu Data, ketiga, Kota/Kabupaten Progresif dalam Pembangunan Program Diseminasi Informasi.

Kemudian keempat, Kota/Kabupaten Progresif dalam Pembangunan Smart City, kelima, Kota/Kabupaten Progresif dalam Program Komunikasi Publik dan keenam, Kota/Kabupaten Progresif dalam Pembangunan Program Keamanan Informasi.

Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima H Mahfud mewakili Pj Wali Kota Bima dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Bima menyampaikan rasa bangga dan bersyukur atas capaian penerimaan anugrah penghargaan dalam kategori “Kota/Kabupaten Progresif dalam Pembangunan Program Smart City”.

“Ini adalah pengakuan atas upaya keras dan komitmen Kota Bima dalam mewujudkan visi smart city yang modern dan berinovasi,” ujarnya.

Lebih jauh Kadis Kominfotik Kota Bima menjelaskan bahwa penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa Kota Bima telah melakukan langkah-langkah signifikan dalam mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup warga serta efisiensi layanan publik.

Ini juga mencerminkan kemauan yang kuat dari Pemerintah Kota Bima dalam menjadikan Kota Bima sebagai contoh kota progresif dalam pembangunan smart city di Propinsi NTB.

“Yang lebih penting adalah semakin terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan dan penyelenggaraan pemerintahan sehingga tercapai kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kota Bima,” tutup Mahfud.

*Kahaba-01