Kabar Kota Bima

Perayaan Valentine Haram, MUI Minta Orang Tua Awasi Anak

464
×

Perayaan Valentine Haram, MUI Minta Orang Tua Awasi Anak

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Tanggal 14 Februari jadi waktu yang ditunggu muda-mudi, karena menjadi moment peringatan hari kasih sayang. Perayaan yang biasa disebut Hari Valentine itu tepat diperingati hari ini, Selasa.

Perayaan Valentine Haram, MUI Minta Orang Tua Awasi Anak - Kabar Harian Bima
Ketua MUI Kota Bima H Abidin Idris. Foto: Eric

Ketua MUI Kota Bima H Abidin menyampaikan, peringatan Hari Valentine merupakan budaya barat yang keliru, kemudian diaplikasikan oleh masyarakat terutama kaula muda muslim.

Perayaan Valentine Haram, MUI Minta Orang Tua Awasi Anak - Kabar Harian Bima

“Perayaan Valentine itu tidak ada dalam ajaran dan hukum agama Islam, dan secara jelas melarang peringatan tersebut,” tegasnya, Selasa 14 Februari 2023.

Menurut H Abidin, dalam aqidah Islam perayaan Valentine menyimpang dan tidak sesuai prinsip agama. Terlebih lagi contohnya dalam perayaan itu ada beberapa hal yang dilarang, seperti berduaan yang bukan muhrim dan belum memiliki status ikatan resmi.

“Jika telah memiliki status resmi suami istri, lalu mengungkapkan kasih sayang itu tidak apa-apa. Bahkan tidak harus menunggu tanggal 14 Februari, sebab kasih sayang itu sepanjang hayat,” katanya.

Untuk itu, H Abidin mengimbau, mengingat malam nanti bisa dijadikan ajang kasih sayang remaja dan kaula muda, orang tua bisa mengawasi dan mengontrol putra-putrinya saat beraktivitas di luar rumah.

“Awasi dan kontrol, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” pesannya.

*Kahaba-04