Kabar Kota Bima

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, KSL STT Bima Gelar Baksos

530
×

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, KSL STT Bima Gelar Baksos

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Kelompok Studi Lingkungan (KSL) STT Bima menggelar aksi kemanusiaan berupa donor darah yang dipusatkan di depan gedung Convention Hall, Selasa (15/2).

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, KSL STT Bima Gelar Baksos - Kabar Harian Bima
KSL STT Bima Gelar Donor Darah di depan gedung Convention Hall. Foto: Eric

Ketua Panitia kegiatan M Indra Dinata menyampaikan, selain donor darah, juga telah dilaksanakan penghijauan di Lingkungan Jenamawa Kelurahan Dara Senin kemarin (13/2). Kegiatan puncak nanti akan diisi aksi bersih di Pasar Amahami tanggal 20 Februari mendatang.

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, KSL STT Bima Gelar Baksos - Kabar Harian Bima

“Untuk kegiatan donor darah, aksi kami ini sebagai bentuk kepekaan sosial terhadap sesama untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tidak bisa dipungkiri pandemi Covid-19 kebutuhan darah terus meningkat. Sedangkan stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) sangat terbatas. Sehingga aksi sosial seperti ini dilakukan, agar bisa membantu memenuhi permintaan kebutuhan darah.

“Semoga aksi kami ini dapat mengumpulkan ratusan kantong darah. Harapannya dapat mencukupi kebutuhan darah di rumah sakit,” katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Bima H Sucipto menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih pada STT Bima yang telah melaksanakan kegiatan sosial tersebut. Karena dengan adanya bantuan donor darah tersebut, bisa mencukupi stok kebutuhan darah untuk pasien yang membutuhkan.

“Dalam 1 bulan kita membutuhkan 600 kantong darah, namun baru terpenuhi 400 kantong selama sebulan,” pungkasnya.

Sucipto menambahkan, guna memenuhi kebutuhan stok darah tersebut dia meminta pada seluruh stakeholder atau relawan untuk melakukan aksi sosial yang serupa. Sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan darah pasien darurat.

“Setelah mendapatkan donor darah, selanjutnya akan diperiksa melalui screning untuk memastikan kondisi darah sehat atau tidak. Jika darah memenuhi syarat dan sehat, maka siap didonorkan pada pasien,” pungkasnya.

*Kahaba-04