Kabar Kota Bima

PMR SMAN 2 Kota Bima Gelar Aksi Sosial dan Donasi Kemanusiaan

1054
×

PMR SMAN 2 Kota Bima Gelar Aksi Sosial dan Donasi Kemanusiaan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebagai wujud penguatan Profil Pelajar Pancasila, organisasi internal Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 2 Kota Bima menggelar kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana.

PMR SMAN 2 Kota Bima Gelar Aksi Sosial dan Donasi Kemanusiaan - Kabar Harian Bima
Siswa SMKN 2 Kota Bima saat melakukan donasi kemanusiaan. Foto: Ist

Aksi penggalangan dana itu selain dilakukan di internal sekolah, juga dilakukan di lingkungan masyarakat sekitar sekolah dan sejumlah titik ruas jalan seperti perempatan eks kantor Bupati Bima.

PMR SMAN 2 Kota Bima Gelar Aksi Sosial dan Donasi Kemanusiaan - Kabar Harian Bima

Wakasek Humas SMAN 2 Kota Bima Ibnu Hajar menyampaikan, aksi itu merupakan implementasi dari pembinaan serta pembentukan karakter pelajar yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri dan semangat gotong royong, dalam melaksanakan misi kemanusiaan.

Pengumpulan donasi tersebut untuk pasien tidak mampu bernama Zulkarnain (8 tahun) asal Desa Parado yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi mengidap penyakit anemia akut, gizi buruk dan disentri.

“Pasien sakit ini merupakan yatim piatu, dan hanya didampingi saudaranya yang juga berkebutuhan khusus,” ungkapnya, Sabtu 7 Oktober 2023.

Ibnu Hajar menjelaskan, secara teknis pengumpulan donasi ini dilakukan pada internal sekolah dan terkumpul Rp 780 ribu, kemudian dilanjutkan dengan pada masyarakat umum dan pengguna jalan terkumpul mencapai Rp 2,4 juta.

“Setelah dana terkumpul, pengurus PMR beserta guru pembina Sri Ningsih langsung menyerahkan pada pasien yang sakit,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Kota Bima H Eddy Salkam memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada PMR, pelajar dan tenaga pendidik atas aksi peduli dimaksud.

Rasa persaudaraan dan sosial pada peserta didik, tentu saja telah menumbuhkan sikap peduli dengan sesama yang sedang mengalami musibah.

“Kita sebagai makhluk sosial harus saling tolong menolong, apalagi ada saudara terkena musibah maka wajib untuk membantu,” tambahnya.

*Kahaba-04