Pendidikan

Prestasi Gemilang, 3 Dosen UM Bima Terpilih Studi Doktoral di Taiwan

2896
×

Prestasi Gemilang, 3 Dosen UM Bima Terpilih Studi Doktoral di Taiwan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Tiga dosen berprestasi Universitas Muhammadiyah (UM) Bima terpilih melanjutkan studi doktoral (S3) di Taiwan, melalui program beasiswa prestisius dari Pemerintah Negara Taiwan.

Prestasi Gemilang, 3 Dosen UM Bima Terpilih Studi Doktoral di Taiwan - Kabar Harian Bima
Tiga dosen UM Bima yang mendapat program doktoral di Taiwan. Foto: Ist

Prestasi gemilang ini semakin memperkuat upaya UM Bima dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dosen UM Bima, demi mewujudkan visi sebagai perguruan tinggi unggul di Indonesia, yang berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Indonesia.

Khairunnisa, dosen Program Studi Ilmu Komputer UM Bima, diterima pada program Doktor Sains Komputer di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST).

Sementara itu, dua dosen dari Fakultas Ekonomi UM Bima, Muh. Rizkan dan Fajrin Hardinandar, masing-masing diterima pada program Doktor Ekonomi Keuangan di National Central University (NCU) dan program Doktor Ilmu Ekonomi di National Dong Hwa University (NDHU).

Rektor UM Bima, Assoc. Prof. Ridwan menyambut gembira dan bangga atas prestasi tiga dosennya ini.

“Ini merupakan kabar yang sangat membanggakan bagi kami. Keberhasilan tiga dosen UM Bima dalam meraih beasiswa S3 prestisius di Taiwan mencerminkan komitmen kami untuk terus meningkatkan kualifikasi akademik dosen, baik di dalam maupun luar negeri, guna mewujudkan visi UM Bima sebagai perguruan tinggi unggul yang berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di Bima, NTB, dan Indonesia.” ujarnya, Selasa 4 Juni 2024.

Ridwan mengaku, pihaknya tahun ini akan banyak mendorong dosen-dosen UM Bima untuk melanjutkan studi S3, sebagai bagian dari upaya strategis peningkatan kualitas sumber daya manusia dosen. Hal ini sejalan dengan visi UM Bima untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul, dengan didukung oleh dosen-dosen berkualifikasi tinggi dan berdedikasi.

“Kami berharap, dengan semakin banyaknya dosen UM Bima yang melanjutkan studi S3, baik di dalam maupun luar negeri, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat di kampus kami. Ini merupakan langkah strategis untuk mewujudkan visi UM Bima sebagai perguruan tinggi unggul yang mampu berkontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pendidikan di Bima, NTB, dan Indonesia,” pungkas Ridwan.

Lebih lanjut, Ridwan menyampaikan bahwa UM Bima berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi pertama di Pulau Sumbawa yang akan mencetak guru besar (profesor) di berbagai bidang ilmu. Dengan meningkatnya kualifikasi akademik dosen melalui program S3, UM Bima berharap dapat meningkatkan kapasitas dan kepercayaan akademik masyarakat terhadap kualitas pendidikan di Bima dan Provinsi NTB secara keseluruhan.

*Kahaba-01