Kabar Kota Bima

Rekomendasi Pembatalan dari KASN, Saatnya Pj Wali Kota Bima Reformasi Total Birokrasi

1895
×

Rekomendasi Pembatalan dari KASN, Saatnya Pj Wali Kota Bima Reformasi Total Birokrasi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima telah menerima rekomendasi pembatalan pelantikan sejumlah pejabat dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Terhadap rekomendasi itu, wakil rakyat meminta pada Penjabat (Pj) Wali Kota Bima untuk menata kembali kondisi birokrasi yang amburadul.

Rekomendasi Pembatalan dari KASN, Saatnya Pj Wali Kota Bima Reformasi Total Birokrasi - Kabar Harian Bima
Anggota DPRD Kota Bima Amir Syarifuddin. Foto: Ist

Anggota DPRD Kota Bima Amir Syarifuddin mengatakan, rekomendasi KASN harus menjadi pintu masuk bagi Wali Kota Bima untuk melakukan reformasi total di tubuh birokrasi hari ini yang rusak dan perlu diperbaiki.

Rekomendasi Pembatalan dari KASN, Saatnya Pj Wali Kota Bima Reformasi Total Birokrasi - Kabar Harian Bima

“Kenapa demikian, karena stigma yang muncul dari dalam diri birokrasi selama ini posisi dan jabatan hanya karena kedekatan, bernuansa politis dan kepentingan, bukan karena kompetensi, kapasitas dan kemampuan,” kritiknya, Kamis 19 Oktober 2023.

Belum lagi sambung Duta PKS itu, aroma jual beli jabatan di Pemkot Bima sudah menjadi rahasia umum, bahkan yang berprestasi sudah tidak lagi menjadi kebanggaan dan ukuran dalam berkarir.

Kesempatan ini kata dia adalah kesempatan yang sangat baik bagi Wali Kota Bima untuk menata demi kebaikan Kota Bima.

“PJ Wali Kota Bima harus mampu membangun kepercayaan diri dan semangat baru dalam diri birokrasi,” ujarnya.

Sudah saatnya sekarang menurut Amir, menempatkan orang yang tepat dan berkualitas pada tempatnya, lakukan JPT ulang yang transparan dan akuntabel. Kemudian himpun kembali orang-orang yang merasa terbuang.

“Yang lebih penting juga, hilangkan polarisasi, tidak ada lagi istilah simpatisan Wali Kota lama atau bukan, karena pada dasarnya birokrasi hanya taat ada aturan,” tegasnya.

Tambahan lain tutur wakil rakyat yang dikenal kritis itu, rapikan honorer yang semakin hari semakin tidak jelas datanya, kemudian dunia pendidikan yang selama ini banyak diintervensi pihak luar.

“Kalau hal ini bisa dilakukan dengan baik oleh Pj Wali Kota Bima, maka saya yakin kondisi birokrasi ke depannya akan berjalan pada rel yang benar,” katanya.

Dengan waktu yang singkat ini tambah Amir, banyak sekali PR dan harapan yang dititipkan pada Wali Kota Bima, tapi dirinya dapat memaklumi karena tidak mungkin bisa diselesaikan semua. Untuk itu, ambil langkah strategis yang menjadi prioritas dan urgen dari sekian banyak persoalan agar terlihat hasil kerja Wali Kota Bima.

“Dengan niat baik membangun untuk semua, Insya Allah masyarakat akan mendukungnya. Ini harapan sy pada Pj Walikota Bima,” tambah Amir.

*Kahaba-01