Kabar Kota Bima

UPT Keswan Vaksinasi Hewan untuk Cegah Rabies Meluas

823
×

UPT Keswan Vaksinasi Hewan untuk Cegah Rabies Meluas

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pertanian Kota Bima melalui UPT Balai Keswan Rasanae Timur melaksanakan kegiatan vaksinasi rabies pada hewan, seperti anjing, kucing, kera dan lainnya, sebagai upaya pencegahan penularan virus rabies di Kota Bima.

UPT Keswan Vaksinasi Hewan untuk Cegah Rabies Meluas - Kabar Harian Bima
Petugas UPT Balai Keswan Rasanae Timur Muhammad saat memberikan vaksinasi rabies pada hewan. Foto: Ist

Kepala UPT Balai Keswan Rasanae Timur Muhammad menyampaikan, vaksinasi hari ini di Lingkungan Wangge Kelurahan Oi Foo dan melibatkan banyak petugas dengan jumlah hewan yang diberikan vaksin mencapai puluhan ekor.

UPT Keswan Vaksinasi Hewan untuk Cegah Rabies Meluas - Kabar Harian Bima

“Salah satu program pengendaliannya adalah melaksanakan vaksinasi. Tujuannya mengendalikan penyebaran penyakit rabies di tengah masyarakat,” ujarnya.

Selain pemberian vaksinasi pihaknya juga sekaligus memberikan sosialisasi dan edukasi, terutama warga yang hobi pelihara hewan berpotensi menularkan rabies.

“Sosialisasi dan edukasi untuk memberikan wawasan dan pengetahuan agar masyarakat terutama pecinta hewan dalam meningkatkan kewaspadaan dini,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian melalui Kabid Kesmavet Juwaihar menambahkan, virus rabies merupakan penyakit menular akut yang menyerang sistem saraf pada manusia yang ditularkan hewan penderita rabies, melalui gigitan atau luka terbuka.

“Kami mengimbau masyarakat agar melaporkan kepada instansi terkait dan juga UPT puskeswan terdekat, jika melihat dan mendapatkan informasi terjadi gigitan anjing, agar segera dilakukan penanganan medis,” tambahnya.

*Kahaba-04