Sambut 1 Muharram, MTsN Bima 1 Kota Bima Gelar Lomba

Kota Bima, Kahaba.- Menyambut kedatangan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1436 H, Sabtu pekan ini, MTsN Bima 1 Kota Bima menggelar berbagai lomba. Kegiatan yang melibatkan seluruh siswa itu digelar selama dua hari, Kamis – Jumat (23-24/10).

Siswa MTsN Bima 1 Kota Bima saat melaksanakan sholat Jenazah pada Lomba sambut 1 Muharram. Foto: Bin

Siswa MTsN Bima 1 Kota Bima saat melaksanakan sholat Jenazah pada Lomba sambut 1 Muharram. Foto: Bin

Ketua Panitia Junaid, SPd menyebutkan mata lomba yakni sholat jenazah, adzan, Tartil, Dai dan Da’iah. “Tidak terkecuali, mulai siswa kelas 1 sampai kelas 3 diwajibkan untuk ikut lomba,” katanya ditempat Lomba, Musholla sekolah setempat.

Sementara kriteria penilaian, pada lomba Sholatnya jenazah yakni niat, bacaan dan pelaksanaan sholat. Lomba adzan, dinilai lagu, suara dan tajwid. Pada lomba Tartil, dinilai tajwid, dan lomba da’i dan da’iah yakni isi ceramah dan cara penyampaian dan intonasi.

“Kegiatan ini pertama kali, rencananya akan dilaksanakan rutin setiap tahun,” katanya dan menambahkan, kegiatan dimaksud juga bertujuan memperkenalkan cara menyambut dan mengisi 1 Muharram kepada siswa.

Sementara itu, Kepala Sekolah MTsN Bima 1 Kota Bima, H. Arifin, S.Ag mengaku sejak awal anak harus diajarkan mengisi dan menyambut Tahun Baru Hijriah dengan kegiatan islami dan berbagai macam Lomba.

“Harapannya yang amat besar, munculnya anak anak yang memiliki nilai dasar Islam dan tidak semata hura hura menyambut tahun baru masehi dan mengabaikan tahun baru islam,” jelasnya.

Menurut Arifin, kegiatan itu sangat penting, agar tidak lahir generasi yang lupa akan ajaran agama dan tidak kebablasan menikmati perkembangan zaman.

“Insyaallah ini akan jadi kalender rutin kita, sekalian persiapan Hari Amal Bakti (HAB) yang dimulai November mendatang,” terangnya.

Ia melanjutkan siswa yang menjuarai lomba tersebut akan diberikan hadiah, berupa piagam dan piala. “Alhamdulillah siswa juga antusias mengikuti kegiatan ini,” tuturnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *