Sosialisasi Aplikasi TNDE Simaya Digelar

Kota Bima, Kahaba.- Mencermati kondisi tata naskah dinas pada lingkup pemerintah Kota Bima yang belum memenuhi standar, Bagian OPA Setda Kota Bima menggelar sosialisasi TNDE SiMaya di Aula Kantor Walikota Bima Rabu (29/10).

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE

Dalam sambutannya Wakil Walikota Bima H. A Rahman H. Abidin, SE H mengapresiasi Bagian OPA yang telah menggelar acara seperti itu dan berharap dinas lain bisa mengeksplorasi potensi yang ada di masing-masing SKPD demi memberikan pelayanan prima.

“Seluruh dinas harus terapkan sistem ini. Beberapa tahun lalu hal semacam ini pernah saya usulkan dan tahun ini sudah ada hasilnya,” paparnya melalui Rilis Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, S.Sos.

Ia menjelaskan ada sembilan program percepatan reformasi birokrasi, salah satunya pengembangan sistem elektronik pemerintah (e-Government), sesuai instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-government yang diperkuat dengan peraturan Menpan Nomor 6 tahun 2011 tentang pedoman umum tata naskah dinas elektronik.

Dikatakannya, tata naskah dinas elektronik itu adalah pengelolaan naskah dinas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kecepatan dan dan kemudahan dalam proses pengambilan keputusan.

Ia mengingatkan akhir tahun 2014 seluruh instansi pemerintah telah menerapkan TNDE Simaya sebagai sistem administrasi perkantoran maya yang terintegrasi dan akan dilakukan evaluasi setiap tahunnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Setda Kota Bima, Zainudin, SH dalam pengantarnya menjelaskan tujuan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik ini untuk mempermudah pengelolaan dokumen surat dan efisiensi waktu dalam penanganannya dan dapat digunakan kapan dan di mana saja sehingga standar proses alur persuratan profesional yang ditetapkan Menpan terpenuhi. implementasikan pada akhir tahun.

“ TNDE ini paling lambat akan dioperasikan pada Desember 2014 nanti,” ungkap Zainuddin.

Kegiatan sosialissai ini diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai SKPD di lingkup pemerintah Kota Bima. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama satu hari.

Usai pembukaan berlangsung dilanjutkan dengan pemaparan mengenai teknis dan cara kerja program SiMaya yang disampaikan oleh Narasumber Abdul Gaffar ST, M.Eng dengan moderator Abdul Malik M.AP.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *