Penipu Para Lansia Diringkus Polisi

Kota Bima, Kahaba.- Penipuan modus menjanjikan bantuan dari Dinas Sosial untuk warga Lanjut Usia (Lansia), akhirnya berakhir. Haruman (32) warga Desa Kole Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, akhirnya diringkus Polisi Polsek Rasanae Barat.

Penipu para Lansia saat digelandang ke kantor Polsek Rasanae Barat. Foto: Teta

Penipu para Lansia saat digelandang ke kantor Polsek Rasanae Barat. Foto: Teta

Kapolsek Rasanae Barat, Kompol. H. Nurdin, SH mengaku, pihaknya membekuk tersangka setelah beberapa hari melakukan pengintaian dan pengejaran. Pelaku dalam menjalankan aksinya, menipu Lansia dengan modus perantara untuk meminta bantuan hibah di pemerintahan.

“Aksi penipuan yang sudah setahun ini sudah lama kami telusuri, tapi baru sekarang ditangkap pelakunya,” ujar Nurdin, Selasa (19/5).

Kata dia, pelaku dalam aksinya menggunakan mobil Rentcar, bahkan setiap hari Mobil selalu diganti. Jika korban sudah didapat, pelaku menyuruh korban mengambil uang dan semua barang berharga, seperti perhiasan yang dipakai. Setelah itu, pelaku menurunkan korban ditengah jalan dan kabur.

“Saat ini, kami masih dalami kasus ini dan mencaritahu adanya keterlibatan pihak lain. Sebab, pelaku dicurigai tidak melakukan sendiri, tapi berkelompok,” katanya.

Sementara itu, anak korban, Amrin mengatakan, ibunya Mba Ema, warga kelurahan Manggemaci Kecamatan Rasanae Barat usianya sudah tua. Awalnya, Mbak Ema diajak pelaku untuk ikut di mobil dengan alasan pergi ke kantor Dinas Sosial dan menerima bantuan khusus Lansia.

“Karena tidak kenal, orang tua saya tidak mau naik di mobil pelaku. Karena saya menduga ini aksi penipuan, saat itu juga lapor ke Polsek Rasanae Barat,” tuturnya.

*Teta

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.
  1. Uky

    Syukur Alhamdulillah, pak polisi juga tolong dipantau kawasan parkir bank BRI Induk dekat asi. Disana sering ada penipuan kayak ini. Orang tua temanku yg baru ngambil uang pensiun jg pernah di tipu seperti ini modusnya. Hanya di bri itu, pelaku dg modus ojek lalu diajak ke dinas sosial kab. dgn alasan fotocopi ktp, dompet korban diambil dan dibawa kabur. Mohon tindak lanjut jg pak polisi. Mksh.

  2. akbar

    Nasabh bank btpn pensiun juga sering di tipu dengan modus yang sama.. tapi mereka nyamar jadi tukang ojek.
    Semoga komplotanya bisa di ringkus semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *