Makan Salome, Ratusan Warga Waduroka Keracunan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Lantaran makan bakso tusuk (Dalam bahasa Bima disebut Salome,Red), sebanyak ratusan orang warga Desa Waduruka Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima mengalami keracunan, Sabtu (23/5). Dugaan awal, bahan salome dari ikan tongkol yang berformalin dan basi.

Warga yang keracunan saat dirawat. Foto: Teta

Warga yang keracunan saat dirawat. Foto: Teta

Keracunan terjadi waat warga setempat menghadiri pesta pernikahan warga setempat. Ibu dan anak-anak, membeli Salome yang dijual warga setempat.

”Setelah dua jam kemudian, para korban keracunan mulai merasakan gatal, mual-mual dan muntah,” ungkap Camat Langgudu Drs. Muhammad Rum, Sabtu malam (23/5).

Ratusan warga yang mengalami keracunan itu kemudian dilarikan ke Puskesmas Langgudu dan dirawat di Pustu Desa Waduroka. ”Hingga malam hari, korban terus berdatangan. Kami pun kewalahan menangani,” katanya.

Secara terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima, M. Saleh H. Abbas M.Ap, mengaku, sudah memberikan pertolongan dengan mengirim anggota tim dan bantuan logistik ke Puskesmas. ”Kami lansung turun malam itu juga,” ujarnya.

Kata dia, pihaknya juga sudah mengamankan contoh Salome yang menjadi penyebab keracunan. Hasilnya, akan diketahui sekitar pekan ini. “Dugaan kami sementara, keracunan berasal dari Salome. Saat ini, sebagian warga membaik dan kembali ke rumahnya masing-masing,” tambahnya.

*Teta

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *