Pemkab Bima Cairkan Enam Persen Kekurangan Gaji PNS

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Kabupaten Bima melalui Kabag Humas dan Protokol Setda M. Chandra Kusuma, AP mengatakan, kepastian pembayaran sisa gaji (Rapelan) PNS sebanyak enam persen mengacu pada Peraturan Pemerintah No 30 Tahun 2015 Tentang Perubahan Ketujuh  Belas  Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai  Negeri Sipil yang ditandatangani Presiden Joko Widodo, tanggal 4 Juni 2015.

Kabag Humas dan Protokol Kabupaten  Bima M. Chandra Kusuma, AP

Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Bima M. Chandra Kusuma, AP

Kata dia, berdasarkan Pasal 2 PP Nomor 30  Tahun 2015  dinyatakan, kenaikan gaji PNS mulai berlaku pada tanggal  1 Januari  2015, ini berarti bahwa PNS yang mengabdi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima akan menerima tambahan gaji bulan Januari sampai dengan Juni 2015.

“Peraturan Pemerintah ini telah ditindaklanjuti dengan mengalokasikan anggaran yang bersumber dari anggara Dana Alokasi Umum (DAU) tersebut senilai Rp 12.395.577.935,” ujarnya mengutip pernyataan Kepala Bagian Keuangan Setda Kabupaten Bima M. Yamin, S.Sos, Selasa (23/6).

Dari jumlah tersebut,  lanjutnya, sebanyak 77 orang  Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan I dialokasikan Rp 54,93 juta. Sementara 1.972 orang  PNS yang berada pada tataran golongan II mendapatkan Rp 1,69 Miliar.

Sementara sebanyak 4.608 orang PNS Golongan III dialokasikan Rp 5,47 Miliar dan 3.204 orang PNS golongan IV dialokasikan Rp  5,17 lebih Miliar. “Dengan demikian, total anggaran yang dicairkan untuk 9.861 PNS tersebut sebesar Rp 12,39 Miliar,” sebutnya.

Kemudian untuk teknisnya, dijelaskannya, dana DAU tersebut ditransfer ke Kas Daerah dan Bagian Keuangan Setda mengeluarkan SP2D untuk dibuatkan cek yang kemudian diserahkan ke masing-masing Bendahara SKPD dan dicairkan kepada pegawai.

“Selain pembayaran kekurangan gaji ini, Insyaallah satu minggu sebelum lebaran, Gaji ke-13 tersebut akan segera dicairkan, atau pekan pertama Juli dan anggaran yang dialokasikan sekitar Rp 30 Miliar untuk pembayaran gaji ke – 13 kepada 9.861 orang PNS,” tambahnya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *