Dinas Koperindag Gelar Sosialisasi MEA

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Perindustrian dan perdagangan Provinsi NTB bekerjasama dengan Dinas Koperindag Kota Bima menggelar kegiatan sosialisasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Kamis (12/11) di Hotel Parewa.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali S.Sos. Foto: Bin

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali S.Sos. Foto: Bin

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Kota Bima Hj. Rini Indriati itu diikuti sebanyak 50 peserta, masing-masin dari pelaku usaha, UKM, IKM, akademisi dan masyarakat.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali melalui siarna persnya mengatakan, Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTB Hj. Baiq Noviana Indriari menjelaskan, kegiatan sosialisasi itu dianggap penting dilakukan di seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di NTB, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan seluruh stakeholder yang dimaksud dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dalam mempersiapkan diri menghadapi pasar bebas atau ekonomi ASEAN.

Sementara itu, Asisten II Setda Kota Bima dalam sambutannya menyampaikan mulai yanggal 31 Desember 2015 nanti, ASEAN sebagai organisasi regional geopolitik dan ekonomi di Asia Tenggara, memberlakukan sebuah komunitas yang disebut dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Community) 2015.

Pemberlakuan MEA 2015 akan menjadi tantangan sekaligus peluang bagi masyarakat Indonesia Untuk itu masyarakat harus mampu meningkatkan daya saing dan kompetisi untuk menangkap berbagai peluang yang terbuka ketika MEA berlaku.

Dikatakannya, tantangan utama yang harus di hadapi di Indonesia adalah mengubah mindset atau cara berpikir konsumtif menjadi produktif. Selain itu, tantangan lainnya adalah berupa persiapan yang belum terstruktur dengan baik, kurangnya sosialisasi terhadap komunitas ASEAN dalam kurikulum mulai dari sekolah dasar untuk membangun kesadaran ASEAN.

Diakhir sambutannya, ia berharap peserta memahami dengan baik materi yang disampaikan, sehingga bisa mempersiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Tahun 2015.

*Bin/Hum           

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *