Kantor Bahasa  NTB Gelar Penyuluhan Bahasa Indonesia untuk Jurnalis

Kota Bima, Kahaba.- Puluhan perwakilan media massa di Bima menghadiri acara penyuluhan Bahasa Indonesia, yang digelar Kantor Bahasa NTB di Museum ASI Mbojo, Kamis (6/7). Hadir juga perwakilan Humas Setda Kota dan Kabupaten Bima, lembaga kemasyarakatan.

Penyuluhan Bahasa Indonesia untuk Jurnalis. Foto: Eric

Kepala Kantor Bahasa NTB Syarifuddin saat menyampaikan sambutan mengatakan, media massa mempunyai peran penting dalam pertumbuhan, dan perkembangan bahasa Indonesia. Karena melalui sarana bahasa tersebut, masyarakat dan pemerintah dapat berinteraksi dan berkomunikasi.

Saat ini menurutnya, media salah satu faktor utama yang paling efektif dan ampuh untuk mengembangkan wawasan, sekaligus membina bahasa dengan baik dan benar.

“Peran penting itu ada pada jurnalis dalam menulis, untuk menyampaikan berita kepada masyarakat. Bila wartawan salah dalam berbahasa, maka informasi yang sampai ke publik pun akan salah diartikan dan ditafsirkan,” jelasnya.

Pria lulusan UGM tersebut mengakui, perkembangan teknologi turut mempengaruhi penggunaan bahasa, sehingga saat ini ada kecenderungan penggunaan bahasa yang sedikit berubah dari media massa.

Untuk itu, dirinyta berharap melalui kegiatan penyuluhan ini dapat memberi motivasi kepada wartawan dan juga media akan pentingnya tugas sebagai pengembang bahasa. Kemudian yang terpenting dapat menjadi teladan dalam pemakaian bahasa Indonesia untuk disampaikan kepada masyarakat dengan baik dan benar.

Ditambahkan Syarifuddin, guna membahas secara dalam dan sekaligus berdiskusi dengan media. Maka kegiatan penyuluhan ini akan mengupas tentang penulisan dan penggunaan bahasa indonesia dengan baik dan benar, sesuai dengan kode etik jurnalis.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *