Dinas Koperindag Bimtek Manajemen Sederhana bagi Pelaku UMKM

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Manajemen Sederhana bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di aula PLUT Kota Bima, Selasa (24/10). Kegiatan tersebut dibuka Wakil Walikota Bima H Arahman H Abidin dan dihadiri sejumlah Pimpinan OPD Kota Bima.

Kepala Dinas Koperindag bersama Wawali Bima saat Bimtek Manajemen Sederhana bagi Pelaku UMKM. Foto: Hum

Kepala Dinas Koperindag Kota Bima Nurjannah dalam laporannya mengatakan, kegiatan Bimtek bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi pelaku UMKM di Kota Bima.

“Kegiatan ini juga membentuk pelaku UMKM yang maju, kuat dan berdaya saing melalui perbaikan manajemen usaha,” jelasnya.

Kata Nurjanah, Bimtek digelar selama 3 hari di Aula PLUT, mulai tanggal 24 – 26 Oktober 2017. Sementara Peserta berjumlah 30 orang yang berasal dari UMKM pangan dan UMKM tenun.

“Narasumber kegiatan ini dari tenaga ahli Dinas Koperindag Kota Bima dan tenaga konsultan UMKM dari Kementerian Koperasi yang ditugaskan di Kota Bima,” sebutnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Walikota Bima menyampaikan apresiasi kepada Dinas Koperindag Kota Bima yang telah melaksanakan kegiatan Bimtek manajemen sederhana bagi pelaku UMKM.

Menurutnya, salah satu faktor penunjang kegiatan usaha adalah manajemen mulai dari perencanaan, analisis resiko, keuangan, pemasaran hingga kepada kontrol produk. Jika salah satu aspek dari manajemen ini tidak berjalan baik, maka UMKM juga akan sulit berkembang.

Peserta kegiatan Bimtek Manajemen Sederhana bagi Pelaku UMKM. Foto: Hum

Selain itu, Bimtek ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap pengembangan usaha pelaku UMKM. Oleh karena itu, pelaku usaha diharapkan memiliki kemauan yang keras untuk mengembangkan diri, namun apalah artinya semua itu jika tidak dibarengi dengan tekad dari pelaku usaha sendiri untuk mau maju dan berhasil.

“Seorang pengusaha tidak ada yang langsung menjadi besar, pasti dimulai dari usaha kecil. Kita tanamkan dalam hati dan pikiran bisa maju dan sukses, maka kita akan bisa maju dan sukses. Sebaliknya kalau kita tanamkan dalam hati menjadi orang biasa, maka itu juga yang akan terjadi,” paparnya.

Oleh karena itu, Wawali berharap peserta Bimtek memanfaatkan kegiatan tersebut dengan baik untuk menambah pengetahuan agar dapat diterapkan dalam pengembangan usaha.

Di akhir sambutannya, Wawali meminta Dinas Koperindag membina dengan baik peserta bimtek sekaligus menfasilitasi mereka agar mendapatkan kemudahan untuk pemasaran produk, sehingga ke depan menjadi pengusaha sukses.

“Saya juga berharap kegiatan bimtek dapat berjalan dengan lancar dan mampu menjadi upaya positif terhadap pembinaan usaha mikro kecil dan menengah di Kota Bima,” pungkasnya.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *