Panwaslu Nilai DPT Tidak Akurat

Kota Bima, Kahaba.- KPU sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada rapat pleno penetapan yang digelar kemarin. Hanya saja, Panwaslu Kota Bima menilai DPT dimaksud tidak akurat dengan sejumlah indikator. (Baca. Ini Jumlah DPT Hasil Rapat Pleno Penetapan KPU)

Komisioner Panwaslu Kota Bima Muhaemin. Foto: Ady

Menurut Komisioner Panwaslu Kota Bima Muhaemin, berdasarkan penilaian mereka DPT yang sudah ditetapkan itu tidak akurat.

Indikatornya kata Muhaemin, masih ditemukan bahwa ada data pemilih yang tidak memiliki Nomor Kartu Kaluarga (NKK). Kemudian ditemukan pemilih yang tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta invalid dan masih ditemukan pemilih yang belum melakukan perekaman E-KTP.

“Indikator ini sudah kami sampaikan langsung ke KPU pada saat rapat penetapan DPT,” katanya, Jumat (20/4).

Terhadap temuan temuan itu tuturnya, pihaknya sudah menyampaikan rekomendasi secara tertulis pada KPU untuk diperbaiki. Bahkan rekemondasi disampaikan sebanyak 2 kali. Pertama pada tanggal 16 April dan rekomendasi kedua tanggal 19 April.

“KPU Kota Bima katanya sih akan melakukan koordinasi dengan Dinas Dukcapil,” ujarnya.

Sambung Muhaemin, mestinya indikator yang sudah disebutkannya itu bisa berubah. Karena hanya tinggal melengkapi saja dan tidak berpengaruh terhadap jumlah.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *