YABI Hadir di Kota Bima, Awali Kegiatan Keagamaan di Masjid Agung Al Muwahiddin

Kota Bima, Kahaba.- Yayasan Alam Bebas Indonesia (YABI) hadir di Kota Bima dan menggelar kegiatan keagamaan di Masjid Agung Al Muwahiddin Kota Bima, Senin (21/5). Kegiatan itu dihadiri ratusan warga dan tokoh warga di sekitar masjid tersebut. Hadir juga Ustadz H Adnin yang menyampaikan ceramah agama.

Kegiatan yang digelar YABI di Masjid Agung Al Muwahiddin. Foto: Bin

Kegiatan dimaksud mengusung tema “Jadikan Bulan Suci Ramadan 1439 H Sebagai Momentum Bagi Generasi Muda Untuk Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama Serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Panitia kegiatan Maraf Al Fatah mengaku, kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama yang digelar di Kota Bima. Sebelumnya, YABI juga sering menggelar kegiatan yang sama di sejumlah daerah, seperti Bandung, Magelang dan sejumlah daereah lain.

“Bentuk kegiatannya sosial dan keagamaan. Karena YABI bekerja di bidang sosial, alam bebas dan keagamaan,” ujarnya. .

Fatah menjelaskan, YABI merupakan lembaga pendidikan berkarakter dengan menggunakan alam bebas sebagai media belajarnya. Lembaga yang dibentuk sejak tahun 1977 di Tulungagung itu dibentuk berdasarakan sejumlah alasan seperti, seringnya Indonesia terjadi bencana alam, kurangnya sukarelawan kemanusiaan. Lembaga Pendidikan di alam bebas masih kurang, kemudian menggali bakat, keterampilan dan potensi-potensi dalam diri penggiat alam bebas. Selain itu, kurangnya pola pelatihan,  Leadership, Teamwork dan inisiatif dalam mengambil keputusan.

“Maka orang yang seide muncul untuk mewujudkan impian ini,” tuturnya.

Adapun pesan yang ingin disampaikan dari kegiatan di masjid tersebut sambungnya, bagaimana di bulan yang suci ini masyarakat bisa menjaga kerukunan umat beragama, khususnya anak muda. Karena anak muda merupakan aset yang bisa memberikan perubahan yang lebih baik.

Ia menambahkan, sejumlah kegiatan yang digelar YABI tidak ada kaitan dengan kepentingan politik dan kepentingan lain. Karena yang jelas, YABI datang ke Kota Bima juga ingin melebarkan sayap. Merekrut anggota baru, yang siap menjadi sukarela untuk sejumlah agenda YABI.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *