Ini Para Juara Festival Teluk Bima 2018

Kabupaten Bima, Kahaba.- Festival Teluk Bima memeriahkan peringatan Hari Jadi ke- 378 Bima tahun 2018, Jumat (6/7) di jalan dua jalur Desa Panda Kecamatan Palibelo yang menampilkan beberapa mata lomba berhasil menempatkan para juara.

Bupati Bima foto bersama peserta lomab parade bakar ikan. Foto: Dok Dinas Kominfostik Kabupaten Bima

Pada Parade Bakar Ikan, dewan juri menetapkan 5 kriteria yaitu kesehatan ikan, jenis ikan atau khas, kostum peserta, higienis dan penataan sajian.

Kepala Bidang Komunikasi Publik Diskominfostik Suryadin mengatakan, dari catatan panitia, lebih dari 148 tim berlomba pada ruas jalan sepanjang lebih dari 378 meter dan berhasil menempatkan tim Dusun Lara Desa Tambe sebagai Terbaik I. Disusul Kecamatan Tambora pada urutan terbaik II dan tim Desa Nisa Kecamatan Woha pada posisi III. Sedangkan terbaik IV diraih tim Desa Risa Kecamatan Woha dan tim K3S Kecamatan Woha pada posisi V.

“Festival yang dihadiri ribuan pengunjung tersebut menampilkan Lomba Masak dan Inovasi Serba Ikan dan membagi 4 kategori yaitu menu lengkap, menu kudapan, menu ralita dan menu keluarga,” sebutnya, Sabtu (7/7).

Kata Suryadin, pada kategori menu lengkap, Juara I diraih TP. PKK Kecamatan Ambalawi, disusul Kecamatan Sape pada posisi II dan juara III diraih Kecamatan Lambu. Sementara pada posisi juara harapan I diraih Kecamatan Madapangga, Juara Harapan II Kecamatan Donggo dan Harapan III Kecamatan Tambora.

Selanjutnya, pada Kategori menu kudapan, TP. PKK Kecamatan Wera berhasil menyabet juara I, disusul Kecamatan Lambitu pada juara II, Kecamatan Wawo Juara III dan Kecamatan Monta juara IV.

“Untuk kategori menu ralita, Juara I diraih Kecamatan Belo, Juara II Kecamatan Soromandi dan Juara III Kecamatan Sanggar,” katanya.

Selanjutnya, pada kategori menu keluarga, Juara I diraih TP. PKK Kecamatan Palibelo, Juara II Kecamatan Langgudu, Juara III Kecamatan Parado dan Juara IV Kecamatan Bolo. Panitia juga menetapkan Kecamatan Woha sebagai juara favorit pada lomba masak dan inovasi serba ikan tahun ini.

Lalu pada event lain pada festival tahun ini yaitu lomba desain makanan kemasan berbahan dasar ikan dan dewan juri menetapkan 5 besar terbaik. Juara I, Komunitas Peduli Yatim Piayi Desa Sumi Lambu dengan makanan jenis Paket Bawang Goreng Baba Dae dan Karamba Crispy, mendapatkan hadiah Rp 2,5 Juta ditambah bingkisan, Juara II diraih Mahasiswa Vokasi Unram PDD Bima yang menyajikan krupuk cangkang kepiting dan mendapat hadiah Rp 2 juta dan bingkisan dan juara III disabet Turaya Desa Kalampa – Woha yang menyajikan abon bandeng mendapat hadiah Rp 1,5 juta bersama bingkisan.

Sedangkan, Jjuara IV dan V semuanya diraih Mahasiswa Vokasi Unram yang menyajikan sate bandeng dan olahan bandeng serta masing-masing mendapatkan hadiah Rp 1 juta dan Rp 500 ribu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Hj Nurma dalam sambutan singkatnya menjelaskan, lomba ditujukan untuk meningkatkan keterampilan memasak menu berbahan dasar ikan. Disamping menjadi salah satu upaya menyebarluaskan keanekaragaman jenis masakan berbahan baku ikan dan pada saat yang sama mengkampanyekan pemanfaatan sumberdaya ikan secara berkelanjutan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *