Kabar Bima

Warga Paruga Keluhkan Muara Sungai Bertambah Kecil

202
×

Warga Paruga Keluhkan Muara Sungai Bertambah Kecil

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Warga Lingkungan Sarata Kelurahan Paruga mengeluhkan kondisi muara sungai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) ukurannya semakin mengecil. Dugaannya, karena adanya penimbunan salah satu proyek di wilayah setempat.

Warga Paruga Keluhkan Muara Sungai Bertambah Kecil - Kabar Harian Bima
Kondisi muara sungai di Ligkungan Sarata yang semakin mengecil. Foto: Eric

“Satu tahun lalu kami melihat muara sungai masih normal, lebarnya mencapai 6 meter lebih. Tapi sekarang kini mulai mengecil mencapai 2 meter saja,” ujar warga setempat Wawan, Senin (5/2)

Warga Paruga Keluhkan Muara Sungai Bertambah Kecil - Kabar Harian Bima

Mengecilnya muara tersebut kata dia, akan membuat debit air yang keluar sedikit. Kondisi ini ditakutkan mengingat curah hujan di Kota Bima masih tinggi.

Bila tidak segera ditangani dan diperbesar kembali. Wilayah Lingkungan Sarata Kelurahan Paruga dan lingkungan Sumbawa Kelurahan Tanjung akan cepat tergenang banjir. Oleh karena itu, Wawan berharap kepada Pemerintah Kota Bima untuk turun dan melihat kondisi.

“Saat ini sedang ada penimbunan oleh salah satu pemilik tanah samping muara. Kami melihat ada indikasi terjadinya penimbunan disekitar muara sungai,” duganya.

Sementara itu Lurah Paruga Haerunnas yang dimintai tanggapan menerima baik laporan masyarakatnya. Dalam waktu dekat, pihaknya akan turun memantau kondisi muara.

“Saya akan turun besok, hasilnya akan dikabarkan,” tandasnya.

*Kahaba-04