oleh

16 Dosen STIE Bima Lolos Penelitian Dosen Pemula

-Kabar Bima-74 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 16 orang dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima lolos Penelitian Dosen Pemula (PDP) tahun 2019 dari Kemenristek Dikti. Tahun ini, jumlah dosen yang mendapatkan kesempatan tersebut meningkat tajam dari tahun lalu.

Wakil Ketua Bidang Akademik STIE Bima Ismunandar. Foto: Bin

Adapun 16 dosen STIE Bima tersebut masing – masing, Jaenab dengan judul  Tingkat Keadilan Distributif dan Keadilan Interaksional Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bima. Amirulmukminin judul Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Estimasi Matematika Ekonomi Melalui Permainan Tradisional Mpa’a Amba. Aris Munandar Penyaluran Kredit Modal Kerja Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sri Ernawati dengan judul penelitian Budaya Rimpu Dalam Perilaku Konsumen Suku Mbojo di Provinsi Nusa Tenggara Barat. M Rimawan dengan judul Alokasi Dana Desa (ADD) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia Serta Kemiskinan di Kabupaten Bima. Kamaluddin dengan judul Perilaku Oportunistik dan Konflik Internal dari Pelaku Anggaran Dalam Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Kota Bima. Muhajirin, dengan judul penelitian Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada UMKM Tenun Gedogan Kota Bima).

Kemudian, Intisari Haryanti yang mengambil judul penelitian Trend Fashion dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Berhijab di Kota Bima. Nurul Huda dengan judul Pengembangan Jejaring Wirausaha Dalam Meningkatkan Kinerja Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota. Kartini Aprianti dengan judul Optimalisasi Kepuasan Mahasiswa Akan Mutu Pembelajaran Melalui Eksplorasi Keputusan Awal Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bima. Puji Muniarty dengan judul Analisis Laku Pandai (Branchless Banking) Pada Agen Perbankan (Studi di Kota Bima).

Herry Nurdin dengan judul Peran Pemerintah dan Kinerja UKM Dalam Meningkatkan Value Produk yang Dimediasi Oleh Orientasi Kewirausahaan. Firmansyah Kusumayadi dengan judul Iklim Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kedisiplinan Kerja Pegawai Pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Bima. Ita Purnama dengan judul Strategi Promosi Terhadap Pengembangan Pantai Lakey Sebagai Destinasi Wisata Berbasis Bahasa Inggris. Mistar dengan judul Dampak Kompensasi , Budaya Organisasi, Stres Kerja Terhadap Turnover Intention pada PT. Sinarmas Multifinance Cabang Bima. Ety Kurniawati dengan judul penelitia Pengaruh Iklim Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen karir Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening pada Kantor BKD Kabupaten Bima.

Wakil Ketua Bidang Akademik STIE Bima Ismunandar menjelaskan, program PDP merupakan kegiatan penelitian dengan maksud membina dan mengarahkan para peneliti pemula, untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian di perguruan tinggi.

“Jumlah dosen STIE yang lolos PDP tahun ini memang meningkat tajam dari sebelumnya, yang hanya 4 penelitian. Dosen yang dapat kesempatan kali ini, ada yang baru pertama ikut dan juga yang sudah 2 kali ikut,” jelasnya.

Diakui pria berkacamata itu, banyaknya para dosen yang lulus sebagai penerima hibah PDP juga menjadi bukti keseriusan STIE Bima dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang penelitian.

“Nanti penelitiannya selama 1 tahun. Hasil penelitian akan dijadikan luaran publikasi ilmiah,” katanya.

Ia menambahkan, hasil penelitian ini tentu akan menjadi tambahan nilai untuk para dosen sendiri dan institusi. Terutama saat dilakukan akreditasi.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru