Kabar Bima

Siswa SDN dan SMP Kota Bima Uji Kemampuan di Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan

589
×

Siswa SDN dan SMP Kota Bima Uji Kemampuan di Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Untuk menggali kemampuan siswa di bidang kompetensi budaya dan sejarah Bima, Dinas Dikbud Kota Bima menggelar Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan (LCCK) tingkat SD dan SMP tingkat Kota Bima, di Gedung Seni Budaya (GSB). Kegiatan tersebut digelar selama 3 hari mulai Senin – Rabu (25-27/3).

Siswa SDN dan SMP Kota Bima Uji Kemampuan di Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan - Kabar Harian Bima
Siswa saat mengikuti Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan. Foto: Eric

Ketua panitia kegiatan Taufikurahman dalam laporan menyampaikan, kegiatan tersebut diikuti 36 perwakilan tim dari sekolah dasar dan SMP sebanyak 17 tim. Sistem pelaksanaan lomba menggunakan group A sampai F dan terbagi pada 6 sesi pelaksanaan kegiatan.

Siswa SDN dan SMP Kota Bima Uji Kemampuan di Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan - Kabar Harian Bima

Setiap sesi lomba, akan diambil 1 group terbaik hingga sampai 6 sesi. Kemudian perwakilan masing-masing sesi tersebut akan diadu lagi pada babak grand final.

“Untuk kategori SD cukup sampai tingkat Kota Bima, sedangkan tingkat SMP yang juara I dan II akan diikutkan lagi LCCK tingkat pulau Sumbawa,” ujarnya.

Kata pria yang juga Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud itu, selain menambah ilmu pengetahuan tentang budaya dan sejarah Bima, siswa sekaligus diajak untuk turut melestarikan dan menjaga budaya daerah.

Guna kelancara kegiatan, pihaknya menunjuk panitia yang berkompoten untuk memberikan soal kepada peserta agar dijawab tepat. Bagi tim yang memiliki nilai tertinggi, akan melanjutkan ke babak berikutnya.

“Bagi tim yang mendapatkan predikat juara I hingga III, pihak panitia telah menyiapkan piala, piagam hingga bonus pembinaan. Ini sebagai motivasi agar siswa terus meningkatkan kemampuan,” tambahnya.

*Kahaba-04