Bimtek Operator, Supawarman: PPID Ujung Tombak Pemerintah Untuk Transparansi

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Kominfo Kota Bima menggelar kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) operator Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), di aula kantor setempat, Selasa (2/4). Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan 38 operator Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perwakilan dari 5 kecamatan.

Kepala Diskominfo Kota Bima Supawarman Saat Membuka Bimtek Operator PPID. Foto: Eric

Kepala Diskominfo Kota Bima Supawarman menyampaikan, berdasarkan aturan UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, dijelaskan badan publik sebagai sumber informasi harus mempunyai wadah khusus untuk pelayanan informasi kepada masyarakat.

“Wadah ini dibentuk dengan fungsi memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses informasi secara cepat, tepat dan tanggap,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bimtek ini juga menitikberatkan pada pentingnya tugas PPID. Harus bertanggungjawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan maupun pelayanan informasi pada badan publik.

Karena sudah jelas PPID merupakan ujung tombak pemerintah dalam menciptakan semangat transparansi, keterbukaan badan publik dalam memenuhi permintaan informasi oleh pemohon informasi itu sendiri.

Kepada setiap OPD agar lebih konsisten selalu dalam mengintegrasikan program dan kegiatan pembangunan masing-masing OPD pada media website resmi masing-masing PPID.

“Untuk peserta PPID yang hadir juga agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Kemudian menginput program dengan intens dan berkala,” harapnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *