oleh

Baznas Salurkan Bantuan Dana Bakulan

-Kabar Bima-6 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Sebagai bentuk peningkatan modal usaha kecil, Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima menyalurkan dana bantuan untuk 20 pedagang bakulan dari Kelurahan Penatoi dan Kelurahan Sarae.

Acara penyerahan bantuan dana bakulan oleh Baznas Kota Bima. Foto: Eric

Ketua Baznas Kota Bima H Abakar Haris mengaku, bantuan tersebut bersumber dari dana hibah Pemerintah Provinsi NTB tahun 2019 sebagai tambahan modal dalam mengelola usaha warga.

“Alhamdulillah Kota Bima mendapatkan bantuan dana hibah dengan nilai Rp 500 ribu untuk setiap pedagang bakulan,” ujarnya, di aula Baznas Kota Bima, Senin (29/7).

Haris menjelaskan, dari bantuan yang dikucurkan tersebut, pihaknya berharap bisa menambah modal usaha kemudian bisa mengembangkan usaha bakulan dan meningkatkan kesehjahteraan keluarga.

“Bantuan modal ini sifatnya dana hibah. Maka setelah bantuan didistribusikan, kami hanya tinggal mengawasi pelaksanaannya di lapangan,” katanya.

Setelah bantuan ini diserahkan, selanjutnya  para pedagang bakulan bisa memanfaatkan untuk mengembangkan usaha. Hanya saja pihaknya meminta untuk membuat program kelompok pinjaman bergulir.

Misalnya setiap anggota kelompok menunjuk 1 orang yang menjadi ketua sekaligus sebagai bendahara, untuk mengumpulkan iuran setiap bulan. Setelah terkumpul, dana tersebut diberikan kembali sebagai tambahan modal usaha dengan cara setiap penerima manfaat bergiliran setiap bulan.

“Cara ini pernah diterapkan pada pedagang bakulan di Kota Mataram, dalam kurun waktu 3 tahun modal usaha kelompok tersebut bisa mencapai Rp 50 juta dan telah membangun sebuah koperasi usaha kecil,” ungkap Mantan Assisten III Setda Kota Bima itu.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru