Buat Terobosan Baru, SMAN 4 Terapkan E-Raport dan E-Modul

Kota Bima, Kahaba.- Seiring terus berkembangnya zaman dan majunya aplikasi teknologi informasi dan komunikasi, menuntut lembaga pendidikan untuk menggunakan ITE dalam proses pembelajaran. Atas dasar terus itu, mendorong Kepala SMAN 4 Kota Bima Hj Siti Maryatun melakukan evaluasi pendidikan, dengan menggunakan ITE, seperti E-Raport dan E-Modul.

Kepala SMAN 4 Kota Bima Hj Siti Maryatun. Foto: Eric

Dengan E-Raport pihak sekolah, siswa hingga walimurid bisa memantau hasil pendidikan belajar siswa setiap semester. Sedangkan E-Modul merupakan modifikasi dari modul konvensional dengan memadukan pemanfaatan teknologi informasi, sehingga siswa lebih cepat berinteraksi dengan sumber belajarnya.

“Alhamdulillah ini sudah kami mulai, banyak respon positif dan mendukung program baru tersebut, baik oleh guru, siswa dan walimurid,” ujarnya, Rabu (21/8).

Melalui E-Raport kata Maryatun, hasil belajar siswa setiap semester bisa dilihat secara online, karena terhubung dengan server di pemerintah pusat. Dengan demikian, orang tua siswa melihat langsung setiap perkembangan anaknya lewat aplikasi yang tersedia.

“Dengan menggunakan sistem ITE, maka setiap aktifitas tingkah laku dan hasil belajar siswa selama mengikuti rangkaian pendidikan dapat diketahui,” katanya.

Kemudian keunggulan dari penerapan E-Modul beber Maryatun, merupakan kumpulan materi pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik. Tujuannya agar belajar mandiri dan dipelajari secara bertahap dan menyeluruh.

“E-Modul ini disusun secara sistematis, dilengkapi dengan tugas, latihan hingga akhirnya akan di evaluasi dalam menunjang proses belajar,” imbuhnya.

Maryatun menambahkan, dengan adanya 2 program unggulan tersebut. Dirinya bersama jajaran dewan guru meyakini, dalam waktu beberapa tahun ke depan SMAN 4 akan menciptakan generasi bangsa yang cerdas, unggul dan berkompoten.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *