oleh

4 Desa di Bolo Belum Dapat Rekomendasi Pencairan Dana Desa Tahap III

-Kabar Bima-3 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 4 desa di Kecamatan Bolo, yakni Desa Tambe, Kananga, Tumpu, dan Sanolo belum mendapatkan rekomendasi pencairan dana desa tahap III tahun 2019 dari pemerintah kecamatan setempat.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Bolo H Gunawan. Foto: Yadien

Kasi Pemerintahan Kecamatan Bolo H Gunawan mengatakan, 4 desa tersebut belum diberikan rekomendasi pencairan dana desa tahap III karena berkas permohonan rekomendasi belum lengkap.

“Kalau sudah lengkap, pasti kami berikan,” katanya, Senin (30/12).

Kelengkapan administrasi yang dimaksud menurut Gunawan, laporan realisasi dana desa tahap pertama dan kedua. Baik laporan secara administrasi maupun hasil pemeriksaan langsung di lapangan.

“Selain yang tertulis kami lihat juga realisasi di lapangan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, 4 desa itu sudah mengajukan, tapi belum diberikan rekomendasi pencairan dan diminta agar dilengkapi berkas yang kurang. Kendati demikian, pihaknya telah memberikan rekomendasi penyaluran agar dana desa tahap III bisa disalurkan dari kas daerah ke kas desa masing-masing.

Sementara batas pengajuan dan melengkapi berkas yang kurang untuk mendapatkan rekomendasi pencairan, mulai Oktober sampai Desember 2019.

“Batasnya sampai akhir Desember mereka masih punya kesempatan,” terangnya.

Jika sampai akhir Desember 2019 4 desa itu belum melengkapi berkas permohonan rekomendasi pencairan, maka dana itu akan masuk dana Silpa, yang akan dikerjakan pada tahun berikutnya.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru