oleh

275 Siswa SMKN 3 Dilepas Ikut Prakerind, Jainuddin: Kalian Calon Pengusaha Sukses

-Kabar Bima-0 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- KCD Dikmen Bima Provinsi NTB melepas 275 peserta didik SMKN 3 Kota Bima yang ikut pembekalan praktik kerja industri (prakerind), untuk diterjunkan di sejumlah Dunia Usaha Dunia Industeri (DUDI), instansi, BUMD dan perusahaan di Bima Dompu, Mataram hingga Jakarta.

Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin Bersama Jajaran KCD Dikmen Provinsi NTB saat kegiatan pelepasan siswa Prakerin. FotoL Ist

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMKN 3 Kota Bima, Kamis (6/2) tersebut turut dihadiri Kasi Kesiswaan KCD Dikmen Bima Provinsi NTB Sumadi, Kepala SMKN 3 Jainuddin, Motivator dan Wirausahawan Susu Kuda 88 Nehru, Wakasek Peserta Didik SMKN 3 Imam Bukhori dan 275 peserta prakerin.

KCD Dikmen Bima Provinsi NTB melalui Kasi Kesiswaan Sumadi dalam sambutan meminta agar seluruh siswa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembekalan Prakerind sampai tuntas. Karena selama mengikuti acara tersebut, siswa akan menerima materi dan motivasi oleh narasumber yang berkompoten dalam bidang usaha dan industri.

“Praktik kerja industri merupakan bagian dari sistem program pendidikan yang melibatkan dunia usaha dan industri, yang terintegrasi pada kurikulum sekolah di SMK,” ujarnya.

Sumadi menuturkan, tujuan Prakerind ini untuk memberikan pembekalan kepada siswa sesuai dengan kompeten di bidang jurusan keahlian yang dipilih. Dengan harapan dapat menumbuhkembangkan ide dan kreatifitas siswa selama mengikuti Prakerin.

“Diharapkan kepada seluruh pelajar yang hadir agar dapat menjaga nama baik sekolah dan daerah selama menjalankan prakerind. Karena kalian adalah aset daerah dan generasi emas yang akan datang,” katanya.

Sementara itu Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin mengungkapkan, pada Prakerin ini pihaknya mempersiapkan tenaga-tenaga terampil, dengan keahlian tertentu sesuai dengan program yang dikembangkan di sekolah. Sehingga ke depan para pelajar apabila terjun di dunia enterpreneur telah memiliki modal besar berupa teori sekaligus praktek.

“Saya mengharap kepada peserta didik tidak berorientasi menjadi karyawan abadi, tapi suatu saat akan menjadi pengusaha sukses dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” harap Jainuddin.

Jay – sapaan akrabnya – menambahkan, pihaknya optimis nanti setelah kembali dari Prakerind, siswa telah memiliki pengalaman dan memiliki mental kuat untuk menjadi pengusaha.

Kepada seluruh peserta ia juga mengingatkan, ada 3 hal penting yang harus diingat dan investasikan dari sekarang, yaitu jaga kesehatan, perbanyak pengalaman dan perkuat jejaring (net working).

“Dengan begitu kalian akan menjadi pengusaha sukses,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru