Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Gelar Lomba Berbasis Digital

Kota Bima, Kahaba.- Untuk mengasah kemampuan, bakat serta kreatifitas para pelajar di saat pandemi Covid-19 ini. Jajaran Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima menggelar berbagai lomba dengan berbasis digital.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima H Mahfud saat bersama tim penilai lomba. Foto: Eric

Lomba yang dipusatkan di kantor dinas setempat Kamis (30/4) tersebut, mengikutsertakan peserta tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk kategori lomba cerita. Kemudian tingkat SMP kategori lomba baca puisi dan tingkat SMA sederajat kategori lomba duta baca, yang dilakukan secara dalam jaringan (Daring) atau aplikasi internet.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima H Mahfud mengklaim, lomba tersebut merupakan yang pertama di NTB atau bahkan di Indonesia. Karena disaat Pandemi Covid-19 ini banyak keterbatasan untuk menyelenggarakan kegiatan, namun pihaknya menyelenggarakan secara digital.

“Meskipun saat ini pemerintah terus memerangi pandemi Covid-19, namun nasib generasi emas bangsa harus kita selamatkan. Untuk itulah kami menggelar kegiatan lomba tersebut agar kemampuan, minat dan bakat pelajar tetap terasah,” jelasnya.

Melalui lomba cerita, puisi dan duta baca tersebut, pihaknya dapat memberikan pelajaran sekaligus edukasi bagi para pelajar. Agar minat dan kebiasaan membaca serta improvisasi dalam mengekspresikan diri dapat tersalurkan, yang selama ini tidak bisa diwujudkan akibat wabah Covid-19.

“Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri, serta mengembangkan sisi kreatifitasnya,” katanya.

Secara teknis sambung Mahfud, lomba berbasis digital tersebut dilaksanakan menggunakan metode video, yang sebelumnya direkam oleh peserta itu sendiri. Kemudian mengirimkan hasil rekaman tersebut melalui jejaring internet seperti email atau bisa datang meyerahkan langsung ke panitia lomba.

Untuk mendukung lomba tersebut, ada 9 dewan juri yang memberikan penilaian. Sementara kriteria lomba seperti penampilan, teknik bercerita, penguasaan materi, tema, skil peserta, artikulasi dan volume suara serta penguasaan panggung.

Sementara itu Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca Jefrys menambahkan, bagi peserta yang berhasil menjadi juara akan memperoleh piagam dan bonus pembinaan. Sebagai motovasi untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *