Kabar Bima

Puluhan Hektar Tanaman Padi Rusak Karena Kemarau

272
×

Puluhan Hektar Tanaman Padi Rusak Karena Kemarau

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Akibat kekeringan musim kemarau tahun ini, puluhan hektar tanaman padi milik petani di Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima rusak dan terancam gagal panen.

Puluhan Hektar Tanaman Padi Rusak Karena Kemarau - Kabar Harian Bima
Petani di Kecamatan Sanggar dengan kondisi tanaman yang rusak akibat kekeringan. Foto: Ist

Puluhan hektar tanaman padi yang rusak tersebut yakni tanaman padi milik petani yang berada di Desa Boro dan di Desa Kore.

Puluhan Hektar Tanaman Padi Rusak Karena Kemarau - Kabar Harian Bima

Syahbudin petani asal Desa Boro mengatakan, selain tanaman padi yang rusak akibat kekeringan, serangan hama tikus juga menjadi penyebab terjadinya kerusakan.

“Kecil kemungkinan padi kita bisa dipanen,” keluhnya, Selasa (25/8).

La Ode Fadlin selaku Pengamat Hama Penyakit (PHP) Kecamatan Sanggar mengatakan, selain dampak kekeringan, rusaknya puluhan hektar tanaman padi juga disebabkan serangan hama tikus.

“Rata-rata hampir merusak semua tanaman padi milik petani di 6 desa di wilayah Kecamatan Sanggar. Tapi kerusakan yang signifikan di 2 desa, masing-masing di Desa Boro dan di Desa Kore,” sebutnya.

Fadli mengaku, akan terus melakukan pendataan serta pengecekan secara langsung di lokasi pertanian milik warga, sehingga bisa dilaporkan ke Dinas Pertanian Kabupaten Bima.

“Kita berharap ada upaya yang dilakukan serta pemberian bantuan obat-obatan untuk pencegahan hama penyakit tanaman untuk para petani,” pungkasnya.

*Kahaba-01