oleh

BNPT Resmikan Rumah Susun Ponpes Utsman Bin Affan Dompu

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Berkolaborasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Pemerintah Kabupaten Bima, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) resmikan rumah susun Pondok Pesantren (Ponpes) Utsman Bin Affan di Desa O’o Kabupaten Dompu, Senin (7/3).

BNPT Resmikan Rumah Susun Ponpes Utsman Bin Affan Dompu - Kabar Harian Bima
BNPT saat meresmikan Rumah Susun Ponpes Utsman Bin Affan Dompu. Foto: Deno

Peresmian oleh Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Nisan Setiadi, didampingi Direktur Rumah Susun Kementrian PUPR Aswin Grandiato Sukahar, Wakil Bupati Dompu H Syahrul Pardan dan Ketua Yayasan Ponpes Utsman Bin Affan Dompu H Syamsudin.



Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Nisan menyampaikan, peresmian Rumah Susun Ponpes sejalan dengan mandat yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2019, yang memaksimalkan pencegahan tindak pidana terorisme.

Kementrian dan lembaga dapat meningkatkan sarana dan prasarana yang kemudian diperkuat dengan Keputusan Mentri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Nomor 34 Tahun 2021 tentang tim koordinasi antar Kementrian/Lembaga Pelaksanaan Program Penanggulangan Terorisme.

Baca:   Dompu-Bima Masuk Zona Kuning Daerah Kepatuhan Pelayanan Publik

“Peresmian ini merupakan semangat Pentahelix dalam memperkuat upaya pencegahan paham radikalisme yang banyak menyasar generasi muda dan guna menciptakan generasi cinta tanah air,” jelasya.

Menurut Deputi, peresmian Rumah Susun Ponpes tersebut juga dalam rangka upaya memaksimalkan kontra radikalisasi dan juga deradikalisasi, dengan membangun kesejahteraan dalam mendidik anak bangsa yang beriman dan bertaqwa serta mendukung moderasi beragama di tengah keberagaman bangsa Indonesia.

Karena pada tahun 2022, BNPT dan Kementrian PUPR juga telah meresmikan Rumah Susun Ponpes Utsman Bin Affan untuk para santriwan. Pondok tersebut memiliki luas 537,31 M2, terdiri dari 2 lantai dengan kapasitas 84 orang. Pembangunan merupakan rencana aksi Kementrian PUPR tahun 2021.

Baca:   DPT Hasil Perbaikan Dompu Berkurang 580 Pemilih

“Semoga bangunan ini bermanfaat dan menjadi pendorong para santri untuk terus belajar, sehingga mereka menjadi generasi unggul masa depan bangsa,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan Ponpes Utsman Bin Affan H Syamsudin menyampaikan, Ponpes tersebut dibangun tahun 2004 lalu. Hanya bermodalkan semangat, pondok pesantren dibangun dengan kayu sisa untuk membuat tempat belajar.

Namun dengan semangat yang kuat, untuk mendidik generasi dengan ilmu agama, semua bantuan dari donatur dan hamba Allah selalu datang.

“Dengan dibangunnya rumah susun untuk para Santri ini, kami atas atas nama pengurus yayasan serta pengurus Ponpes, menyampaikan terima kasih yang tak terhingga pada Kementrian PUPR dan BNPT,” ungkapnya.

Baca:   Hindari Aset Hilang, DPMPD Dompu Pacu Kades Tata Aset Desa

Di akhir sambutan, Ketua Yayasan juga meminta agar rumah susun buat santriwati juga bisa dapat bantuan serta memperbaiki akses jalan menuju lokasi pondok.

Untuk diketahui, kegiatan dimaksud juga dihadiri Direktur Perlindungan BNPT Brigjend Pol Imam Margono, Direktur Deradikalisasi BNPT Prof Irfan Idris, anggota Komisi IV DPR RI HM Syafrudin, Ketua DPRD Kabupaten Dompu Andi Bachtiar, Kasubsatgas Sinergisitas wilayah NTB Letkol Hariyanto.

Juga Kepala Sub Direktorat Wilayah II Rumah Susun Noviza Temenggung, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah NTB I Rini Dyah Mawarty, Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidaya, Dandim Kodim 1614 Dompu Letkol Kav Taufik serta kepala Kejaksaan Negeri Dompu.

*Kahaba-05


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.