Bimtek Implementasi Perizinan, DPMPT-SP Ajak Calon Pelaku Usaha Baru Urus Izin

Kabar Kota Bima152 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPT-SP) menggelar Bimtek Implementasi Perizinan dengan melibatkan puluhan peserta dari calon pelaku usaha baru, di Falcao Cafe, Kamisn (10/11)

Bimtek Implementasi Perizinan, DPMPT-SP Ajak Calon Pelaku Usaha Baru Urus Izin - Kabar Harian Bima
Foto bersama jajaran DPMPT-SP Kota Bima dan pengusaha baru usai Bimtek. Foto: Eric

Kepala DPMPT-SP melalui Koordinator Kelompok Penanaman Modal H Ridwan menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memberikan akses dan layanan yang cepat soal perizinan berusaha. Seperti sistem OSS-RBA, sesuai arahan presiden yang salah satunya Nomor Induk Berusaha (NIB).



“Kegiatan yang dilaksanakan ini untuk memudahkan para calon pelaku usaha baru agar mengurus izin tanpa mengantri atau membayar. Cukup membuat NIB dari ponsel melalui aplikasi yang tersedia di google play store,” ujarnya.

Baca:   Pengusaha Wera Bersatu, DINDA Dijamin Menang

Ia menjelaskan, kepemilikan NIB tidak semata hanya memenuhi prosedur perizinan berusaha yang ditetapkan, tetapi juga pemerintah ingin mendorong pelaku usaha dapat naik kelas dan terus berkembang, dengan memastikan UMK perseorangan dapat berdiri setara di tengah gempuran pasar global dan modern.

“Dengan memiliki izin, maka dapat mengurus akses pendanaan resmi seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR),” katanya.

Baca:   Kesbangpol Gelar Bimtek Sehari

Sementara itu, Asisten II Setda Kota Bima H Ahmad menjelaskan, kegiatan ini memiliki sejumlah manfaat untuk pelaku usaha baru seperti, memberikan legalitas perizinan berusaha, layanan yang bisa dihubungi pendampingan luar kantor untuk konsultasi usaha.

Bahkan dengan membuat legalitas perizinan berusaha, pelaku usaha juga membantu menjadi penggerak roda perekonomian, serta membuka lapangan pekerjaan baru.

Baca:   Tahun 2020, DPMPTSP Kota Bima Terbitkan 2.218 Izin

“Atas nama pemerintah daerah kami mengapresiasi langkah DPMPT-SP menggelar acara ini, karena sesuai visi dan misi kepala daerah. Semoga komitmen ini diharapkan akan lebih mendorong percepatan realisasi investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” harapnya.

*Kahaba-04


Komentar