Peringati HGN, SMAN 1 Kota Bima Tampilkan Kreativitas Siswa

Kabar Kota Bima1191 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- SMAN 1 Kota Bima memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022. Mulai dengan upacara yang berlangsung khidmat tertib dan lancar, juga menampilkan sejumlah hasil kreatif siswa, seperti pengolahan makanan tradisional dan kerajinan.

Peringati HGN, SMAN 1 Kota Bima Tampilkan Kreativitas Siswa - Kabar Harian Bima
Kepala SMAN 1 Kota Bima Dedi Rosyadi bersama guru dan siswa saat merayakan HGN Tahun 2022. Foto: Eric

Kepala SMAN 1 Kota Bima Dedi Rosyadi menyampaikan, peringatan HGN kali ini merupakan bagian dari implementasi program ekstrakurikuler pendidikan yang mengacu pada peningkatan kualitas dan pembentukan karakter.



“Juga dengan tetap memperhatikan kearifan budaya lokal,” katanya, Sabtu (25/11).

Ia menjelaskan, seorang guru memiliki posisi dan peran dalam sebuah lembaga pendidikan, sehingga tanpa adanya eksistensi dalam proses pendidikan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Artinya tanpa peran aktif guru, sistem pendidikan akan terhenti dan lumpuh.

Baca:   Berprestasi, 43 Siswa SMAN 1 Kota Bima Dapat Penghargaan

Di samping itu, dia ingin menyampaikan pada siswa untuk mencintai dan menyayangi guru, karena dengan sikap bijaksana dan kelembutan saat mengajar, dapat membentuk siswa yang disiplin dan berkarakter.

“Tenaga pendidik juga tidak meminta materi, tapi menginginkan siswa untuk terus belajar dan mengembangkan diri agar bisa meraih cita-citanya,” terangnya.

Melalui momentum HGN sambungnya, terdapat makna dan refleksi bahwa guru merupakan anugerah dan karunia yang patut disyukuri, karena merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah sistem pendidikan.

Baca:   Hari Guru Nasional, SGI Titip Sejumlah Harapan

“Tanpa adanya guru, tentu tidak akan ada generasi cerdas, kreatif, terampil dan kreatif,” ujarnya.

Dedi menambahkan, seiring perkembangan zaman serta teknologi, tentu guru saat ini dituntut untuk bisa bekerja dengan secara profesional, karena tenaga pendidik merupakan cerminan yang akan diikuti para pelajar.

Beberapa di antaranya budaya kerja yang harus dimiliki yaitu, sikap disiplin, berpenampilan menarik dan rapi, cerdas dan humoris, inovatif, memiliki semangat tinggi dalam mengemban tugas, mampu menjadi motivator.

Dengan tugas dan tanggungjawab yang besar diemban oleh guru, maka melalui HGN ini ingin menyampaikan harapan seluruh guru, agar bangsa dan negara juga dapat memperhatikan dan memberikan penghargaan atas jasa dan pengabdian guru, dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Baca:   SMAN 1 Kota Bima Gelar Perpisahan Guru dan Pegawai Purna Tugas

“Kami juga ingin menyampaikan pesan pada seluruh guru, agar tetap mencintai profesi mulia ini. Untuk itu mari kita terus bekerja, berkreasi, reflektif dan kreatif sehingga kompetensi yang dimiliki dapat meningkatkan mutu pendidikan dan melahirkan generasi emas bangsa,” tambahnya.

Pantauan media, usai upacara tampak seluruh guru singgah dibeberapa kelas yang telah disiapkan oleh siswa berupa aneka hasil masakan untuk di cicipi, kemudian ada sebagian telah menyiapkan souvenir, cinderamata pada guru yang menjadi idola.

*Kahaba-04


Komentar