Pendidikan

Implememtasikan Kurikulum Merdeka, SMAN 2 Kota Bima Adakan Workshop Digitalisasi

915
×

Implememtasikan Kurikulum Merdeka, SMAN 2 Kota Bima Adakan Workshop Digitalisasi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebagai wujud komitmen dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, dan menerapkan paradigma baru pembelajaran khusus yang berbasis TIK dengan penggunaan berbagai platform digital. SMAN 2 Kota Bima mengadakan workshop dengan tema “Digitalisasi sekolah dan pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK”.

Implememtasikan Kurikulum Merdeka, SMAN 2 Kota Bima Adakan Workshop Digitalisasi - Kabar Harian Bima
Kegiatan Workshop Digitalisasi di SMAN 2 Kota Bima. Foto: Ist

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat kerja sekolah selama 4 hari sejak Selasa sampai Jumat (4-7/7). Turut hadir Kepala SMAN 2 Kota Bima H Edy Salkam, Kepala KCD Dikmen Bima Siti Maryatun, Korwas pendidikan dan guru setempat.

H Edy Salkam menyampaikan, workshop tersebut untuk memberikan pemahaman terhadap sejumlah penggunaan aplikasi esensi online guru dan siswa, seperti crombook bagi pembelajaran, penggunaan aplikasi quizizz, Artifisial Intelegensia (AI), canva dan Google Site untuk pembelajaran, serta penyusunan perangkat ajar untuk tahun pelajaran 2023-2024.

“Sepuaya aplikasi ini bisa diaplikasikan dalam dunia pendidikan, kami libatkan seluruh guru dan perangkat Tata Usaha (TU),” ujarnya.

Melalui kegiatan workshop ini, menjadi bukti komitmen SMAN 2 Kota Bima dalam mensukseskan program sekolah penggerak, serta menyiapkan sumberdaya pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan cerdas dalam menggunakan perangkat elektronik.

Dia berharap pada kepala KCD Bima agar kiranya nanti bisa hadir pada acara launching perdana penggunaan esensi digital bagi siswa dan guru, yang direncanakan pada hari pertama masuk sekolah.

“Untuk diketahui bahwa aplikasi ini nantinya berupa kartu yang berfungsi ganda, yaitu kartu pelajar dan sekaligus kartu esensi. Kartu ini nantinya akan terkoneksi dengan HP orang tua siswa, sehingga orang tua siswa dapat mengetahui dan mengontrol kehadiran anaknya di sekolah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala KCD Dikmen Bima Siti Maryatun menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran SMAN 2 Kota Bima, yang sudah mengadakan kegiatan tersebut. Terlebih SMAN 2 Kota Bima merupakan salah satu dari sekolah penggerak angkatan pertama, yang sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka secara baik dan benar.

“Digitalisasi sekolah merupakan salah satu dari program unggulan sekolah penggerak dari empat program yang ada. Maka dari itu kami sampaikan rasa bangga pada segenap kepala sekolah dan guru setempat, yang mampu mewujudkan sistem untuk kemajuan pendidikan,” tambahnya.

*Kahaba-04