Pendidikan

Job Fair 2 Hari, SMKN 2 Kota Bima Optimis Serapan Tenaga Kerja Tinggi

1102
×

Job Fair 2 Hari, SMKN 2 Kota Bima Optimis Serapan Tenaga Kerja Tinggi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Bima melaksanakan acara Job Fair selama 2 hari, mulai Senin dan Selasa 30-31 Oktober 2023 di aula sekolah setempat.

Job Fair 2 Hari, SMKN 2 Kota Bima Optimis Serapan Tenaga Kerja Tinggi - Kabar Harian Bima
Foto bersama Kepala SMKN 2 Kota Bima dengan Kepala KCD Dikbud Bima Siti Maryatun dan guru usai kegiatan Job Fair. Foto: Eric

Ketua panitia Yeni Nurillah menyampaikan sejak dibuka kegiatan dengan tema “Tingkatkan Kebekerjaan, Bebaskan dari Pengangguran” tersebut, diikuti lebih dari 120 peserta yang juga alumni dari berbagai daerah, baik di kota maupun di luar daerah.

Job Fair 2 Hari, SMKN 2 Kota Bima Optimis Serapan Tenaga Kerja Tinggi - Kabar Harian Bima

“Animo para peserta yang ikut menghadiri Job Fair cukup tinggi, ini menandakan iklim pencari kerja sangatlah bagus,” ujarnya.

Yeni menjelaskan, adapun tujuan kegiatan ini yakni menjaring para lulusan dari alumni SMKN 2 Kota Bima, maupun juga para alumni lain agar dapat bekerja di dunia industri dan dunia usaha yang sedang membutuhkan tenaga kerja terampil dan profesional.

“Alhamdulillah, melalui kegiatan ini banyak pihak perusahaan industri menjadi mitra kami membukakan lapangan kerja. Seperti PT Tukad Mas, Alfa Mart, Metromini Celuler, Astra Motor, PT Pegadaian, Krida Honda dan pihak lainnya,” kata wanita yang juga menjabat sebagai Wakasek Kurikulum itu.

Kepala SMKN 2 Kota Bima Fathurrahman mengungkapkan, Job Fair ini juga merupakan bagian dari kegiatan sekolah Pusat Keunggulan (PK). Alumni yang telah banyak pengalaman bermandiri, bisa mendapatkan pekerjaan layak dari perusahaan terkemuka di daerah.

“Dari kegiatan Job Fair ini, ada peserta yang cocok dan bekerja pada perusahaan industri. Ini menandakan alumni kami memiliki kecakapan dan ketrampilan yang bagus untuk bekerja pada perusahaan,” pungkasnya.

Sementara itu, KCD Dikbud Bima Siti Maryatun memberikan apresiasi terhadap SMKN 2 Kota Bima karena mampu menggelar Job Fair dengan melibatkan banyak peminat pencari kerja.

“Harapan kami ke depan acara seperti ini lebih rutin dilaksanakan, karena akan lebih banyak membuat jaringan kerja baru yang lebih luas, sehingga banyak menyerap tenaga kerja,” tandasnya.

Pantauan media, Job Fair dirangkai dengan expo produk dan jasa Teaching Factoring (Tefa) berupa, pemasaran sabun, parfum, jam digital, furniture rumah, panel listrik, dengan harga terjangkau. Kemudian servis motor dan servis mobil yang murah.

*Kahaba-04