Pendidikan

Mahasiswa KKN STIE Bima di Desa Darussalam Tanam 2.000 Pohon Ketapang Kencana

928
×

Mahasiswa KKN STIE Bima di Desa Darussalam Tanam 2.000 Pohon Ketapang Kencana

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Aksi nyata dalam rangka menjaga lingkungan sekitar Desa Darussalam, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima dilakukan Mahasiswa KKN-T MBKM (Kerja Kuliah Nyata- Terpadu) Kelompok 3 Desa Darussalam, dengan gerakan penghijauan penanaman 2.000 pohon, Senin sore 4 September 2023.

Mahasiswa KKN STIE Bima di Desa Darussalam Tanam 2.000 Pohon Ketapang Kencana - Kabar Harian Bima
Mahasiswa KKN STIE Bima saat menanam Pohon Ketapang Kencana. Foto: Ist

Kegiatan yang diadakan di Dusun Guda Desa Darussalam ini dihadiri Kepala Desa Darussalam Abdurrahman dan jajarannya beserta sejumlah masyarakat.

Ketua Klompok KKN-T MBKM Desa Darussalam Muh Ihzam Nuari mengatakan, kegiatan penghijauan diawali dengan mengambil bibit pohon di Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Bima. Bibit-bibit pohon yang disediakan adalah bibit pohon Ketapang Kencana, yang dikenal sebagai salah satu pohon yang mampu memberikan manfaat besar dalam upaya perlindungan lingkungan.

“Alhamdulillah semua peserta kegiatan dengan penuh semangat melakukan penanaman bibit pohon Ketapang Kencana,” katanya.

Diakui Ihzam, Kepala Desa Darussalam juga turut serta dalam aksi mulia ini. Ini mencerminkan sinergi antara masyarakat dan pemerintah desa dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Ia menambahkan, program kerja ini merupakan wujud dari aksi penghijauan lingkungan sekitar Desa Darussalam yang mencakup area dari dermaga Darussalam, hingga ke kuburan yang ada di Desa Darussalam.

Mahasiswa KKN STIE Bima di Desa Darussalam Tanam 2.000 Pohon Ketapang Kencana - Kabar Harian Bima
Mahasiswa KKN STIE Bima saat menanam Pohon Ketapang Kencana. Foto: Ist

“Harapannya dari gerakan penghijauan ini mampu menjadikan lingkungan setempat menjadi lebih sejuk dan asri, serta memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat yang tinggal di sana,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Darussalam Abdurrahman menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa yang telah aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini dan berharap bahwa kolaborasi semacam ini akan terus berlanjut demi masa depan yang lebih baik bagi Desa Darussalam.

“Gerakan penghijauan ini memberikan harapan baru untuk menjaga dan memelihara lingkungan, bukan hanya sebagai tanggung jawab pemerintah, tetapi juga sebagai kewajiban bersama sebagai upaya melestarikan alam,” tukasnya.

*Kahaba-01