Kabar Kota Bima

Prediksi BMKG, Malam Tahun Baru Bima-Dompu Hujan

951
×

Prediksi BMKG, Malam Tahun Baru Bima-Dompu Hujan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- BMKG Bima menyampaikan laporan cuaca pada malam pergantian tahun 2022-2023. Pada tanggal 31 Desember 2022 hingga tanggal 1 Januari 2023, wilayah Bima-Dompu diprediksi akan hujan dalam intensitas ringan.

Prediksi BMKG, Malam Tahun Baru Bima-Dompu Hujan - Kabar Harian Bima
Ilustrasi

Kepala BMKG Bima Topan Primadi mengatakan, kondisi cuaca di wilayah Bima dan Dompu dalam beberapa hari terkahir cukup signifikan. Pertumbuhan awan konvektif cukup masif yang menyebabkan wilayah Bima dan Dompu diguyur hujan.

Terpantau pada pagi hingga siang hari cenderung berawan tebal hingga hujan intensitas ringan. Pada siang hingga sore hari, hujan intensitas sedang-lebat dan malam hari cenderung berawan tebal hingga hujan ringan.

“Peningkatan kecepatan angin permukaan juga memicu terjadinya gelombang tinggi di perairan sekitar Bima dan Dompu,” ungkapnya, Jumat (30/12)

Adapun penyebab dari kondisi tersebut diakui Topan, selain karena pada saat ini wilayah Bima dan Dompu berada pada puncak musim Hujan, juga didukung oleh adanya kondisi dinamika atmosfer yang cukup signifikan yaitu peningkatan aktivitas monsun asia, pembentukan pusat tekanan rendah di daratan Australia bagian utara yang menyebabkan pembentukan daerah pertemuan angin disekitar wilayah Bima dan Dompu, serta didukung oleh kondisi atmosfer yang cukup basah dari lapisan permukaan hingga lapisan 500 hpa.

“Kondisi cuaca yang signifikan ini diprediksi masih terjadi di seluruh wilayah Bima dan Dompu hingga tanggal 01 Januari 2023,” katanya.

Topan menjelaskan, pertumbuhan awan konvektif (awan hujan) cukup intens terjadi terutama pada malam hingga menjelang pagi hari. Pada malam pergantian tahun 2022 ke 2023 diprediksi cuaca wilayah Bima dan Dompu masih terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap dampak bencana hidrometeorologi, dan selalu memantau informasi peringatan dini cuaca ekstrem serta peringatan dini dampak curah hujan tinggi.

*Kahaba-01