Kabar Kota Bima

Puskesmas Kumbe Dinilai Tim Akreditasi

1378
×

Puskesmas Kumbe Dinilai Tim Akreditasi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Puskesmas (PKM) Kumbe menerima tim surveyor akreditasi dari PT Lipa Mitra Nusa Jawa Timur Soemartono dan Hj Dwidia Mertasari, Jumat 20 Oktober 2023. Kehadiran tim tersebut untuk meninjau sekaligus menilai sarana dan prasarana, administrasi serta pelayanan kesehatan.

Puskesmas Kumbe Dinilai Tim Akreditasi - Kabar Harian Bima
Kepala PKM Kumbe Fahroyani didampingi Kepala Dikes Ahmad beserta jajaran saat kegiatan Akreditasi. Foto: Ist

Kepala PKM Kumbe Fahroyani menyampaikan selamat datang pada tim penilai, karena 3 hari meninjau dan memeriksa sejumlah kesiapan sarana dan prasarana, administrasi serta pelayanan kesehatan di instansi setempat.

“Akreditasi sendiri merupakan persyaratan verifikasi dan kualifikasi pada fasilitas pelayanan kesehatan, sebagaimana telah diatur dalam Permenkes. Maka harus dilaksanakan untuk memenuhi standar kesehatan yang baik dan bermutu,” ujarnya Jumat 20 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, tujuan akreditasi ialah pembinaan peningkatan mutu, kemudian kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen. Sehingga penyelenggaraan pelayanan dan program kerja akan mendapatkan penilaian, yang selanjutnya mendapatkan sertifikat akreditasi.

Akreditasi juga merupakan pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan Menteri Kesehatan, setelah dinilai Puskesmas tersebut memenuhi atau tidaknya standar akreditasi.

“Saat ini PKM Kumbe berstatus Madya, dan Inshaa Allah bisa meningkat status Utama dan bahkan bisa Paripurna,” harap wanita yang juga Ketua IBI Kota Bima itu.

Fahroyani menambahkan, selama pelaksanaan akreditasi pihaknya akan terus mendampingi tim, guna mendapatkan arahan dan masukan untuk perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan ke depan.

“Kami sampaikan juga pada tim surveyor, bahwa Pemerintah Kota Bima berkomitmen dan terus mendorong kualitas dan mutu pelayanan, demi peningkatan kesejahteraan kesehatan masyarakat,” pungkas wanita yang juga menjabat Wakil Ketua TP PKK Kota Bima.

Pantauan media, tim surveyor memberikan apresiasi untuk PKM Kumbe, karena sarana dan prasarana yang megah, rapi dan bersih rapi serta pelayanan pegawai yang ramah.

*Kahaba-04