Pemilu

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Bawaslu  Kerjasama dengan FKUB

538
×

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Bawaslu  Kerjasama dengan FKUB

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Guna meningkatkan pengawasan partisipatif selama penyelenggaraan Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima menjalin kerjasama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Bawaslu  Kerjasama dengan FKUB - Kabar Harian Bima
Foto bersama Jajaran Komisioner Bawaslu Kota Bima bersama Ketua FKUB usai penandatanganan MoU. Foto: Ist

Kesepakatan kerjasama tersebut dibuat dalam penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang langsung dihadiri jajaran Bawaslu beserta Ketua FKUB Kota Bima Mahmud.

“Nota kesepahaman ini dibuat untuk meningkatkan kualitas demokrasi, melalui pemilihan umum yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” ujar Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaemin, Senin 6 Februari 2023.

Muhaemin menjelaskan, beberapa kesepakatan kerjasama ini seperti mengembangkan peran masyarakat khususnya tokoh lintas agama dalam pengawasan partisipatif, lalu mendorong penyelenggaraan pemilihan umum yang berkualitas dan pemilihan serentak tahun 2024.

Kemudian mendorong peran FKUB untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan umum dan pemilihan serentak, lalu bersama membangun pondasi pemilu tanpa kampanye negatif yang menyerang isu suku, agama, ras antar golongan (SARA).

“Guna terselenggaranya Pemilu yang berkualitas, aman dan tertib, kami juga akan menjalin koordinasi dan kerjasama dengan semua stakeholder, agar pesta demokrasi dapat berjalan aman, tertib dan lancar,” katanya.

Sementara itu, Ketua FKUB Kota Bima Mahmud menyampaikan apresiasi pada Bawaslu karena dapat menjalin sinergitas dan kerjasama yang baik dalam penyelenggaraan pemilu.

“Mengingat pesta demokrasi ini dilaksanakan serentak, maka kami juga tetap mengimbau agar umat bisa terus menjalin keakraban meskipun ada perbedaan, namun semangat bertoleran tetap terjaga,” tambahnya.

*Kahaba-04