Pendidikan

STIKES Yahya Bima Kirim 31 Mahasiswa Kebidanan untuk Praktik di RSUD Mataram

507
×

STIKES Yahya Bima Kirim 31 Mahasiswa Kebidanan untuk Praktik di RSUD Mataram

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 31 mahasiswa semester VI Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Yahya Bima untuk Program Studi DIII Kebidanan akan melaksanakan praktik patologi di RSUD Kota Mataram, elama 3 pekan mulai sejak tanggal 10 hingga 30 Juni 2024.

STIKES Yahya Bima Kirim 31 Mahasiswa Kebidanan untuk Praktik di RSUD Mataram - Kabar Harian Bima
Foto bersama Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Yahya Bima yang mengikuti praktek patologi di RSUD Mataram. Foto: Ist

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKES Yahya Bima Ayatullah menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan praktik klinik kebidanan patologi pertama kali yang dilakukan di Kota Mataram.

STIKES Yahya Bima Kirim 31 Mahasiswa Kebidanan untuk Praktik di RSUD Mataram - Kabar Harian Bima

“Praktik patologi merupakan studi tentang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan penyebab, perkembangan, perubahan struktural, fungsional yang terkait dengan penyakit,” jelasnya, Selasa 11 Juni 2024.

Dengan praktik patologi maka mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman belajar yang lebih banyak. Apalagi RSUD Kota Mataram merupakan rumah sakit tipe B pendidikan, yang memiliki banyak keunggulan dalam pelayanan kesehatan, pendidikan dan penelitian yg berstandart internasional.

Guna memudahkan dalam studi ini, kegiatan dibimbing langsung oleh 4 orang dosen prodi kebidanan yakni Erlina Fauzia, Nurlaila Fitriani, Asniah Hartinah dan Nurul Sya’bin.

“Kami berharap juga selama kegiatan, mahasiswa lebih proaktif dalam melakukan asuhan kebidanan, serta disiplin sesuai waktu yang telah dijadwalkan oleh pihak rumah sakit. Sehingga ilmu yang didapatkan, dapat diaplikasikan kembali,” katanya.

Ayatullah menambahkan, selain bekerja sama dengan RSUD Kota Mataram, STIKES Yahya Bima juga telah bekerja sama dengan RSUP NTB terkait kegiatan Praktik Klinik Kebidanan (PKK) selanjutnya akan diikuti oleh mahasiswa kampus setempat.

“Dengan adanya kepercayaan dari RSUD Kota Mataram dan RSUP NTB untuk menerima mahasiswa kami belajar dan praktik, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dengan harapan ilmu yang didapatkan bisa meningkatkan kesehatan masyarakat,” tambahnya.

*Kahaba-04