Dikpora Kota Bima Terima Soal UN SMP/MTs

Paket Soal Un (ilustrasi) / Tribunnews

Kota Bima, Kahaba.- Jelang Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama pada (SMP), Senin (23/4) mendatang. Pemerintah Provinsi NTB sudah mulai menyalurkan soal ke tiap kabupaten dan kota.  Bertempat di Mapolres Bima Kota, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima menerima soal-soal Ujian Nasional (UN).

Soal-soal UN tersebut dibawa dengan mobil box yang dikawal ketat oleh aparat kepolisian dari Polda NTB dan Panitia Ujian Nasional Provinsi NTB. Dokumen rahasia negara itu tiba pada pukul 5.30 Wita di Mapolres Bima Kota dan langsung diserahterimakan kepada panitia UN Kota Bima pukul 7.00 Wita.

Dalam kegiatan serah terima itu, Perwakilan Panitia Ujian Nasional Prov. NTB, Muhammad Saleh, S.Sos, menginformasikan bahwa soal UN yang tiba hari berjumlah 38 buah karung dengan berisi satu sampai dua kardus soal tiap karungnya.  “Kami pastikan semua paket soal yang kami serahkan dalam kondisi baik. Kalaupun nanti pada hari-H ditemukan kerusakan atau kekurangan, sudah kami antisipasi dengan menyertakan soal cadangan,” ungkapnya.

Dengan disaksikan oleh jajaran Polres Bima Kota, Ketua Panitia UN SMP/MTs Kota Bima, Drs. Abdul Azis, M.Pd, menerima secara simbolis paket-paket soal tersebut. “Hari ini panitia UN sudah menerima soal-soal dari panitia provinsi. Soal juga akan di jaga ketat oleh petugas dari Dikpora dan Kepolisian Polresta Bima Kota, hingga hari senin untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah penyelenggara ujian,” ungkapnya. Menurutnya, semua soal UAN ini akan dititipkan di kantor polisi untuk memastikan tidak ada kebocoran soal akibat ada yang membuka soal tersebut sampai waktu pelaksanaan ujian.

Terkait pelaksanaan UAN untuk siswa SMP/MTs, Azis menjelaskan, ujian tersebut akan diikuti dengan jumlah peserta SMP sebanyak 1.960 peserta yang tersebar di 27 sekolah, MTs sebanyak 850 peserta yang tersebar di 7 sekolah dan satu SLB. Kesiapan panitia sendiri, menurutnya sudah mencapai 100%, dan belum mendapati kesulitan yang cukup berarti  dalam menyelenggarakan UN akan dilaksanakan sejak 23 April mendatang itu. [BS/BQ]

 

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *