Bima Panas, Cuaca Capai 39 Derajat Celsius

Kota Bima, Kahaba.- Cuaca di Bima beberapa bulan terakhir, panasnya menyengat. Tidak hanya di siang hari, mulai pukul 09.00 WITA hingga malam, panas membuat badan terus berkeringat.

Ilustrasi

Ilustrasi

Cuaca ekstrim ini baru kali ini terjadi. Orang pun memilih untuk lebih banyak braktifitas didalam ruangan. Jalan disiang hari pun, nampak selalu sepi pengendara.

Kepala Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatalogi Geofisika (BMKG) Bima, Daryanto mengatakan, cuaca di Bima menembus angka 39 derajat celsius. Bahkan dipastikan itu suhu paling panas di Indonesia.

Angka itu terjadi pada 9 Oktober lalu. Semenatara pada 10 hingga 11 Oktober, kisaran cuaca pada angka 37,8 hingga 38,2 derajat Celsius.

“Penyebab cuaca panas ini karena munculnya elnino atau musim kering yang mundur atau melebihi dari perkiraan pergantian musim tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Keadaan cuaca yang terjadi seperti saat ini, akan berlangsung hingga Nopember mendatang. Hanya saja, bulan September – Oktober pengaruh cuaca panas mulai melemah.

Fakta siklus yang terjadi jelas Daryanto, posisi matahari dan sejajar dengan wilayah Bima dan sekitarnya yang tengah bergerak kearah selatan. Sehingga pengaruh pemanasan matahari, begitu terasa di wilayah Bima dan sekitarnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *