Pesta Rakyat Kota Bima Penuh Kemeriahan

Kota Bima, Kahaba.- Pesta rakyat dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Bima ke-13 di sepanjang pantai Amahami dan Lawata, dengan panggung utama di Lapangan Pantai Amahami, Senin (13/04) penuh kemeriahan.

Walikota Bima saat memberikan sambutan pada pesta rakyat Kota Bima. Foto: Bin

Walikota Bima saat memberikan sambutan pada pesta rakyat Kota Bima. Foto: Bin

Pesta terasa lebih lengkap dengan sajian hiburan dari masing – masing stan yang ditempati oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemkot Bima. Kemeriahan semakin bertambah ketika pesta kembang api dimulai. Decak kagum masyarakat dan kilauan kembang api mewarnai langit Kota Bima.

Sepanjang jalan berbagai kuliner disediakan untuk menjamu masyarakat yang hadir. Dari berbagai instansi menyediakan beragam kuliner mulai jajanan khas tradisional hingga hidangan prasmanan.

Yang lebih menarik dalam kegiatan tersebut semua warga yang hadir diberi kesempatan untuk makan gratis di setiap stan yang disediakan disepanjang wilayah pantai Amahami hingga Lawata. Bahkan Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin beserta istri dan para pejabat pun turut bersukacita bersama masyarakat untuk makan bersama.

Tarian adat Bima pada pesta rakyat Kota Bima. Foto: Bin

Tarian adat Bima pada pesta rakyat Kota Bima. Foto: Bin

Tak hanya itu, berbagai paguyuban kesenian yang ada di Kota Bima turut berpartisipasi sekaligus menghibur para masyarakat yang larut dalam kemeriahan.

Qurais dalam sambutannya di panggung utama mengatakan, perjalanan selama 13 tahun Kota Bima sejak resmi berdiri pada 10 April 2002 silam, menjadi refleksi dari berbagai proses, dinamisasi dan kompleksitas isu yang berkembang dari berbagai aspirasi masyarakat, sebagai bentuk partisipasi dalam memetakan arah dan tujuan pembangunan yang ingin dicapai.

“Kota Bima yang terus membuka diri dan berpartisipasi dengan pembangunan dan investasi adalah gambaran terkini Kota Bima,” ujarnya.

Diucapkannya pula terima kasih kepada seluruh masyarakat serta jajaran Pemerintah Kota Bima yang telah memeriahkan peringatan HUT Kota Bima ke-13, mulai dari awal peluncuran pada tanggal 6 maret lalu di Lawata. “Alhamdulillah, ulang tahun Kota Bima ke-13 ini benar-benar istimewa,” pujinya.

Kemeriahan Pesta Rakyat Kota Bima. Foto: Bin

Kemeriahan Pesta Rakyat Kota Bima. Foto: Bin

Berbagai tamu datang dari mana-mana, termasuk Konsulat Jenderal Amerika Serikat, Sultan Palembang dan Sultan Malaysia, serta Anggota DPR RI. Dan yang paling spesial adalah, kehadiran para Bupati senior, yaitu: Bapak Adi Haryanto, Bapak Halim Jafar, Bapak Zainul Arifin, Keluarga Umar Harun, serta Keluarga M. Nur A. Latif, ada juga ibu Hj. Ferra Amalia. Hadir pula Kapolres Senior dan para Dandim Senior.

“Mereka adalah orang-orang yang berjasa membangun daerah Bima, kehadiran mereka pada upacara HUT Kota Bima sungguh membuat kita semua bangga dan terharu. Terima kasih atas segala kerja keras dan sumbangsih bagi daerah ini,” tuturnya.

Selain itu, berbagai rangkaian acara yang digelar, semuanya mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Baik itu lomba mancing, sepeda santai, lomba perahu, jalan sehat, maupun pawai budaya.

Tarian adat Bima pada pesta rakyat Kota Bima. Foto: Bin

Tarian adat Bima pada pesta rakyat Kota Bima. Foto: Bin

Khususnya tentang pawai budaya, disampaikannya keharuan melihat kesetiaan masyarakat yang terus menonton serta peserta pawai yang tetap bertahan dalam barisan, padahal di bawah guyuran hujan lebat.

Bahkan anak-anak kecil pun tetap setia ikut dalam barisan peserta pawai walaupun telah basah kuyup. Dirasakannya semangat kebersamaan dan rasa cinta seluruh masyarakat terhadap Kota Bima.

“Saya benar-benar merasakan adanya perasaan memiliki terhadap kota ini. Hal itu menjadi pegangan saya, menjadi obor penyulut harapan, bahwa kita insyaallah akan dapat mempertahankan persatuan dan kokohnya persaudaraan kita, untuk membangun daerah ini. Kita akan bisa menghadapi berbagai tantangan masa depan bersama-sama, sebagai Dou Mbojo,” jelasnya penuh semangat.

Lanjutnya, berbagai capaian prestasi dan pengakuan yang diterima Kota Bima melalui pemerintah, merupakan bukti nyata etos kerja cepat dan bertidak tepat berbagai pihak yang berkomitmen untuk membangun kota ini. Ide kreatif dan ketelitian masyarakat yang makin cerdas dan cermat, sejatinya akan menjadi kontrol dan sekaligus motivasi bagi pemerintah kota untuk mengejawantahkan amanah tersebut.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *