KPU se-NTB Ikuti Bimtek Soal Pemilukada

Kota Bima, Kahaba.- Seluruh jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-NTB selama tiga hari ke depan mengikuti Bimbingan Teknis dan Simulasi terkait pemungutan, perhitungan suara di TPS dan rekapitulasi hasil perhitungan suara di PPK.

Bimtek dan Simulasi yang digerlar KPU Provinsi NTB. Foto: Ady

Bimtek dan Simulasi yang digerlar KPU Provinsi NTB. Foto: Ady

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula SMK Negeri 3 Kota Bima, mulai Jum’at (13/11). Diprioritaskan bagi 7 Kabupaten dan Kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak di NTB Tahun 2015.

Ketua KPU Propinsi NTB, Lalu Aksar Ansori menjelaskan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman utuh kepada KPU Kabupaten dan Kota. Tentang proses yang sangat vital nanti, yakni pemungutan, perhitungan di TPS dan rekapitulasi perhitungan suara di PPK.

“Pemahaman harus utuh karena apa yang harus disampaikan KPU Kabupaten dan Kota di Bimtek tingkat KPPS dan PPK juga harus utuh dan tuntas,” jelasnya di lokasi kegiatan, Jum’at (13/11) sore.

Sebab selama ini terangnya, banyak timbul permasalahan karena pemahaman yang tidak utuh di tingkat bawah. Dicontohkannya, seperti di KPPS ada form yang sangat vital tidak terisi karena tidak teliti, kehadiran pemilih tidak terdidik dan ada formulir berhologram beredar. Padahal, formulir itu harusnya ada di dalam kotak.

“Permasalahan di tingkat bawah karena pemahaman yang tidak utuh inilah yang akan menimbulkan permasalahan nantinya di tingkat atas,” kata dia.

Dari catatan pengalaman di Kabupaten Bima sebelumnya sambung dia, muncul permasalahan karena ada masalah di tingkat bawah karena belu adanya pemahaman utuh. Sehingga pihaknya melalui Bimtek itu akan mengawal dan melakukan supervisi proses Bimtek KPPS dan PPK.

Tujuannya kata Aksar, untuk memastikan adanya pemahaman yang utuh juga seperti yang diterima KPU di tingkat Kabupaten dan Kota. “Pengalaman kita, untuk KPPS yang sudah lama sekali tidak mau di Bimtek karena merasa diri sudah tahu. Padahal, setelah pelaksanaan banyak masalah karena mereka tidak tahu,” tandasnya.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *