Kabar Kota Bima

Inspektur Jadi Plt Kepala BKPSDM, Dapat Ciptakan Conflict of Interest yang Serius

952
×

Inspektur Jadi Plt Kepala BKPSDM, Dapat Ciptakan Conflict of Interest yang Serius

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Amir Syarifuddin, Anggota DPRD Kota Bima mengeritik kebijakan Penjabat (Pj) Wali Kota Bima yang menunjuk Inspektur Kota Bima H Fakhrunrazi, merangkap sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima. (Baca. Wahid Pensiun, Inspektur Ditunjuk Jadi Plt Kepala BKPSDM Kota Bima)

Inspektur Jadi Plt Kepala BKPSDM, Dapat Ciptakan Conflict of Interest yang Serius - Kabar Harian Bima
Anggota DPRD Kota Bima Amir Syarifuddin. Foto: Ist

Amir menyoroti bahwa Fakhrunrazi, yang seharusnya berperan sebagai pengawas dan supervisi, justru menjadi pelaksana di tempat yang seharusnya diawasinya sendiri.

“Lantas siapa yang mengawasi siapa? Ini kan lucu,” katanya, Jumat 3 Mei 2024.

Menurut Duta PKS itu, situasi selain kontroversi, ditunjuknya Inspektur sebagai Plt Kepala BKPSDM juga berpotensi menciptakan konflik kepentingan yang serius.

Ini bukan hanya tentang individu yang bersangkutan, tetapi juga tentang bagaimana jabatan yang dipegang oleh seorang Inspektur yang merangkap jabatan di tempat yang berbeda, dapat menimbulkan conflict of interest yang tidak sehat.

“Kalau sudah begini, yakin tidak birokrasi itu akan berjalan sehat?,” tanya wakil rakyat yang dikenal kritis itu.

Pria yang kembali terpilih menjadi wakil rakyat Kota Bima untuk 5 tahun mendatang itu menyatakan bahwa keputusan seperti ini menunjukkan kekurangan sumber daya manusia di dalam birokrasi di Kota Bima. Sampai-sampai beberapa jabatan harus dipegang oleh satu orang, tanpa mempertimbangkan etika dan prinsip tata kelola yang baik.

“Seperti tidak ada pejabat lain saja di Pemkot Bima ini,” pungkasnya.

*Kahaba-01