22 Mahasiswi Akbid Surya Mandiri Lulus Uji Kompetensi Nasional

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 22 mahasiswi Akbid Surya Mandiri Bima lulus dalam uji kompetensi kebidanan tingkat nasional, yang digelar beberapa waktu lalu. Ujian kompetensi tersebut merupakan syarat bagi lulusan Akademi Kebidanan, untuk bisa bekerja difasilitas kesehatan.

Ketua Yayasan Akbid Surya Mandiri Bima, H.Jubair didampingi Direktur Saraswati Haylan Chiani (Kanan). Foto: Eric

Ketua Yayasan Akbid Surya Mandiri Bima, H.Jubair didampingi Direktur Saraswati Haylan Chiani (Kanan). Foto: Eric

“Ujian kompetensi kebidanan ini wajib diikuti oleh seluruh lulusan Akbid, setelah lulus dari uji kompetensi ini, mereka akan menerima Surat Tanda Registrasi (SRT) dari pusat bersamaan dengan sertifikat kompetensi,” ujar Ketua Yayasan Akbid Surya Mandiri Bima, H. Jubaer kepada Kahaba.net (25/5).

Pada uji kompetensi tersebut, terdapat tiga sekolah yang mengikutsertakan mahasiswinya, yaitu Akbid Surya Mandiri Bima dengan 22 orang yang lulus, kemudian di ikuti oleh Akbid Harapan Bunda (AHB) dengan 10 mahasiswi yang lalu dan Stikes Yahya Bima dengan 10 mahasiswi.

“Berdasarkan persentase, Akbid Surya Mandiri merupakan yang tertinggi kelulusan uji kompetensi dari sekolah lainnya. Tentu, melalui hasil tersebut Kota Bima telah menciptakan bidan handal, disiplin dan berkualitas,” katanya.

Jubair menambahkan, ujian tersebut merupakan bagian dari instrumen yang diwajibkan oleh pemerintah pusat, untuk memastikan kualitas lulusan tenaga kesehatan (bidan). Sekaligus dapat meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat, dan sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran yang telah dilalui mahasiswi.

Bagi mahasiswi yang telah dinyatakan lulus uji kompetensi, mereka secara resmi mendapat ijin bekerja pada instansi pemerintah dan bahkan bisa membuka praktek mandiri.

Ditempat terpisah, Direktur Akbid Surya Mandiri Bima Saraswati Haylan Chiani mengaku bangga dan bahagia dengan banyaknya mahasiswi yang lulus dalam uji kompetensi tersebut. Karena hal itu sangat berarti, sebab kampusnya dapat menghasilkan bidan berkualitas dan mempunyai kemampuan untuk bisa bersaing dengan lulusan lainnya.

“Keberhasilan ini berkat latihan dalam mengerjakan materi soal melalui try out, serta penguasaan pemahaman dengan melakukan praktek langsung dilaboratorium maupun dilapangan,” bebernya.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *