Jelang ID, Pengemis Akan di Razia

Kota Bima, Kahaba.- Seperti sudah menjadi kebiasaan di mana-mana, menjelang hari raya Idul Fitri di Kota Bima, setiap tahunnya, jumlah pengemis semakin banyak. Dua pekan sebelum hari raya umat muslim, populasi pengemis bisa dilihat jelas, mereka wara wiri pada pagi, siang dan bahkan pada malam hari seperti jamur yang muncul di musim hujan.

Ilustrasi

Keberadaan mereka sangat gampang di lihat. Mereka ada di pertokoan Bima, perkantoran serta areal publik lainnya. Bahkan tak jarang pada malam hari mereka berkeliling masuk ke rumah rumah untuk meminta-minta.

Melihat fenomena itu, Walikota Bima melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Muhammad Hasyim meminta, agar moment jelang ramadhan tahun ini sebisa mungkin pemerintah meminimalisir keberadaan para pengemis.

“Walikota sudah memerintahkan Pol-PP dan Kesbanglinmaspol untuk merajia mereka. Walikota tidak ingin pengemis mewabah di Kota Bima jelang Idul Fitri nanti,” ujar Hasyim di ruangannya (7/8).

Lanjut Hasyim, Walikota berharap pengemis tidak ada di Kota Bima. Melakukan hal-hal instan untuk meraih penghasilan, padahal jika dilihat secara fisik, pengemis memiliki kemampuan untuk mencari nafkah. “Fenomena jika terus dibiarkan, akan semakin menjatuhkan martabat manusia,” katanya.

Dia menambahkan, saat rajia nanti, semua akan diangkut. Baik pengemis yang kecil, dewasa maupun  yang sudah tua, setelah itu akan dibawa ke Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Bima, untuk diberikan arahan dan pembinaan, dan diupayakan diberikan keterampilan untuk bekerja. “Yang kecil nanti akan dipanggilkan orang tuanya, dan yang dewasa akan diberikan pembinaan,” tambahnya. [BK]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *