Tambora Redstone Coffe Wakili NTB di FKN Cibubur

Kota Bima, Kahaba.- Ada yang menarik dari kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka Penggalang di Bumi Perkemahan Nasional Cibubur, Jawa Barat. Kegiatan yang dimulai sejak 14 Agustus hingga 20 Agustus 2016 ini mengikutsertakan Festival Kopi Nusantara (FKN).

Tambora Redstone Coffe di FKN Cibubur.

Tambora Redstone Coffe di FKN Cibubur.

Festival ini menghadirkan kopi-kopi dari seluruh nusantara yang dibawa rombongan peserta Jamnas. Tambora Redstone Coffe (TRC) menjadi satu-satunya perwakilan kopi dari Provinsi NTB yang dipamerkan. Bahkan, kopi jenis Arabica Tambora produk usaha kreatif Babuju Mandiri ini laris diburu para peserta Jamnas.

Pimpinan Rombongan Kwarcab Kabupaten Bima, Munajat Suhaimin saat dihubungi mengaku, menerima email dari Panitia Jamnas bahwa TRC menjadi salah satu kopi yang dipamerkan di FKN.

“Setelah kami lihat list kopi yang diikutkan, TRC usulan Kwarcab Kabupaten Bima menjadi satu-satunya kopi asal NTB yang lolos seleksi untuk diikutkan dalam FKN Jamnas kali ini,” terang Suhamin.

Tak hanya dipamerkan kata dia, peserta diminta untuk mendemonstrasikan cara meracik TRC hingga penyuguhannya di hadapan para tamu. Serta menuturkan sejarah tentang kopi yang dikemas menarik ini.

“Alhamdulillah, TRC paling diminati karena rasanya yang khas dan kami bangga bisa menyuguhkan potensi dari tanah sendiri,” ujarnya.

Secara terpisah, Manajer Babuju Mandiri, Julhaidin membenarkan TRC diminta oleh Kwarcab Pramuka Kabupaten Bima untuk diikutkan pada FKN di Cibubur sejak bulan lalu.

“Dan alhamdulillah, kemarin malam TRC diminati oleh tamu undangan maupun para Pembina Pramuka dari daerah-daerah lain,” kata pria yang dikenal dengan sapaan Rangga Babuju ini.

Untuk memenuhi permintaan di arena FKN, pihaknya akan mengirim lagi kopi yang kerap jadi ‘buah tangan’ para tamu penting dari luar daerah ini.

Untuk diketahui, TRC adalah kopi kemasan dengan citarasa khas dan gurih. Pertama kali di lounching Komunitas Babuju melalui IKM Babuju Mandiri. Tepat sehari sebelum acara puncak Tambora Menyapa Dunia (TMD) Tahun 2015 lalu di Doro Ncanga. TRC langsung menjadi salah satu souvenir khas, selain madu kepada ratusan tamu negara saat itu.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *