Dinas Koperindag Bimtek Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Koperindag Kota Bima menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) simpan pinjam dan pembiayaan syariah bersama Gapoktan, BUMDes, KSP/USP Koperasi, di PLUT Kota Bima, Selasa (10/10). Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Koperasi Provinsi NTB itu diikuti diikuti 40 peserta koperasi syariah.

Bimtek Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah. Foto: Dok. Dinas Koperindag

Kepala Dinas Koperindag Kota Bima saat menyampaikan sambutan mengungkapkan, pada tahun 2017 jumlah koperasi di Kota Bima sebanyak 182. Dari jumlah tersebut, hanya 105 koperasi yang aktif, sementara 77 koperasi tidak aktif.

“Yang melaksanakan RAT hingga bulan ini sebanyak 55 koperasi. Sementara target RAT tahun buku 2016 sebanyak 65 unit, karena kondisi banjir sehingga jumlah koperasi RAT tidak mencapai target,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, jumlah koperasi pola syariah sebanyak 10 koperasi. Saat ini, koperasi tersebut tengah mengurus badan hukum koperasi melalui Kementrian Koperasi dan UKM.

“Selama ini kesulitan dalam pengurusan badan hukum koperasi syariah di Kota Bima karena belum memiliki DPS. Harapan kami kedepan, pengurus koperasi syariah sudah memiliki sertifikat DPS,” inginnya

Melalui acara tersebut, Nurjanah mengajak para pelaku dunia usaha yang sedang mengembangkan usaha dan memperluas jaringan pasar untuk memanfaatkan optensi koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Bima sebagai mitra usaha.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *