Kabar Bima

Himakom STISIP Gelar Debat Mahasiswa 

219
×

Himakom STISIP Gelar Debat Mahasiswa 

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) STISIP Mbojo Bima menggelar Debat Mahasiswa antar kampus se-Kota dan Kabupaten Bima dengan tema ” Aku untuk Indonesiaku”. Kegiatan yang didukung penuh lembaga kampus tersebut dilaksanakan mulai tanggal 21 – 23 November, di aula Alumni STISIP Mbojo Bima.

Himakom STISIP Gelar Debat Mahasiswa  - Kabar Harian Bima
Kegiatan Debat Mahasiswa di Kampus STISIP Mbojo – Bima. Foto: Deno

Ketua Himakom STISIP Muhfin mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diprogramkan Himakom dengan tujuan untuk mengukur nilai nasionalisme para mahasiswa terhadap kondisi negara sekarang ini.

Himakom STISIP Gelar Debat Mahasiswa  - Kabar Harian Bima

“Setiap kampus mendelegasikan 1 atau 2 tim. Dalam 1 tim, terdapat 3 orang mahasiswa. Kemudian, setiap tim akan mengambil materi yang sudah disediakan panitia secara acak,” katanya.

Ia menjelaskan, ada 5 materi yang akan didebatkan, masing – masing tentang Bhineka Tunggal Ika sebagai wujud integrasi nasional. Kemudian NKRI harga mati adalah cara menangkal paham anti Pancasila yang berkembang di Indonesia. Lalu yang ketiga tentang lunturnya makna Bhineka Tunggal Ika bagi masyarakat indonesia dengan adanya primordialisme diskriminasi para pemimpin bangsa.

Materi yang keempat sambungnya, tentang rektualisasi dan implementasi nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan sistem politik nasional yang stabil. Kemudian materi yang kelima membahas tentang identitas nasional akan terbentuk bila Bangsa Indonesia mengamalkan nilai-nilai UUD 1945.

“Materi yang kami sediakan tidak terlepas dari 4 Pilar Kebangsaan,” ujarnya Rabu (22/11).

Muhfin berharap, kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana dan para peserta serta panitia pelaksana mendapatkan pemahaman dan nilai disiplin ilmu yang baik dalam kegiatan tersebut.

*Kahaba-05