Himakom STISIP Gelar Debat Mahasiswa 

Kota Bima, Kahaba.- Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) STISIP Mbojo Bima menggelar Debat Mahasiswa antar kampus se-Kota dan Kabupaten Bima dengan tema ” Aku untuk Indonesiaku”. Kegiatan yang didukung penuh lembaga kampus tersebut dilaksanakan mulai tanggal 21 – 23 November, di aula Alumni STISIP Mbojo Bima.

Kegiatan Debat Mahasiswa di Kampus STISIP Mbojo – Bima. Foto: Deno

Ketua Himakom STISIP Muhfin mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diprogramkan Himakom dengan tujuan untuk mengukur nilai nasionalisme para mahasiswa terhadap kondisi negara sekarang ini.

“Setiap kampus mendelegasikan 1 atau 2 tim. Dalam 1 tim, terdapat 3 orang mahasiswa. Kemudian, setiap tim akan mengambil materi yang sudah disediakan panitia secara acak,” katanya.

Ia menjelaskan, ada 5 materi yang akan didebatkan, masing – masing tentang Bhineka Tunggal Ika sebagai wujud integrasi nasional. Kemudian NKRI harga mati adalah cara menangkal paham anti Pancasila yang berkembang di Indonesia. Lalu yang ketiga tentang lunturnya makna Bhineka Tunggal Ika bagi masyarakat indonesia dengan adanya primordialisme diskriminasi para pemimpin bangsa.

Materi yang keempat sambungnya, tentang rektualisasi dan implementasi nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan sistem politik nasional yang stabil. Kemudian materi yang kelima membahas tentang identitas nasional akan terbentuk bila Bangsa Indonesia mengamalkan nilai-nilai UUD 1945.

“Materi yang kami sediakan tidak terlepas dari 4 Pilar Kebangsaan,” ujarnya Rabu (22/11).

Muhfin berharap, kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana dan para peserta serta panitia pelaksana mendapatkan pemahaman dan nilai disiplin ilmu yang baik dalam kegiatan tersebut.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *