Tingkatkan Kapasitas Tim Medis Bencana, PKU Muhammadiyah Bima Gelar Geladi Posko

Kota Bima, Kahaba.- PKU Muhammadiyah Bima beserta Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menyelenggarakan Geladi Posko di Hotel Mutmainah, Jumat (22/12). Kegiatan dengan skenario gempa bumi ini bertujuan untuk menguji dan melatih kesiapan tim medis bencana (Tim Deploy), agar diterjunkan ke wilayah di luar rumah sakit yang terdampak bencana.

Geladi Posko saat digelar di Hotel Mutmainah. Foto: Dok MDMC

Pada skenario gempa bumi yang terjadi, dilaporkan sebanyak 110 jiwa menjadi korban. Baik karena luka ringan, luka berat, hingga meninggal dunia. Tim medis bencana diharapkan dapat segera bertindak mengatasi kejadian tersebut dan berkoordinasi dengan sistem komando penanganan darurat bencana RS PKU Muhammadiyah Bima.

“Geladi posko ini merupakan rangkaian kegiatan dari program Ruamh Sakit dan Kesiapan Masyarakat, untuk kedaruratan dan bencana (HPCRED) yang ditujukan memperkuat kapasitas PKU Muhammadiyah Bima dan masyarakat di sekitar rumah sakit,” ujar Manager area program HPCRED MDMC Imran Syafrudin.

Imran berharap, melalui Geladi Posko dengan skenario yang dibuat sesuai dengan kejadian sesungguhnya ini. Tim medis bencana memahami kondisi di lokasi kejadian bencana, dan mampu mengkoordinasi dengan para pihak penanggulangan bencana.

“Lewat geladi posko ini, seluruh tim mampu berkomunikasi dan koordinasi. Bila terjadi bencana, maka bisa bekerjasama untuk melakukan misi penyelamatan,” katanya.

Imran menambahkan, guna mensukseskan pelaksanaan kegiatan tersebut. Turut dihadirkan BNPB, Kemenkes RI, BPBD DIY, MDMC, MPKU PP Muhammadiyah dan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Kehadiran mereka sebagai penilai dan mengevaluasi.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *